5 Fakta Kebakaran yang Melanda Museum Nasional, Sejumlah Replika Jadi Korban

Selasa, 19 September 2023 - 12:34 WIB
loading...
5 Fakta Kebakaran yang Melanda Museum Nasional, Sejumlah Replika Jadi Korban
Kebakaran Museum Nasional yang terjadi pada Sabtu, (16/9/2023) malam hari menghanguskan beberapa ruangan dalam museum. Foto/MPI/Widya Michella
A A A
JAKARTA - Insiden kebakaran sempat melanda Museum Nasional yang terletak di Jalan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat. Kejadian ini terjadi pada Sabtu, (16/9/2023) malam hari.

Kebakaran tersebut diketahui menghanguskan beberapa ruangan dalam museum. Pasca kejadian ini, pemerintah melalui Mendikbudristek Nadiem Makarim memastikan perlindungan benda-benda bersejarah dari insiden kebakaran tersebut.



Tim investigasi internal juga sudah dikerahkan guna menyelidiki penyebab pasti kebakaran serta mendata koleksi museum, baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan. Lebih jauh, berikut sejumlah fakta yang sementara ini telah diketahui terkait kebakaran Museum Nasional.

Fakta Kebakaran Museum Nasional


1. Kronologi Kebakaran


Berdasarkan laporan Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, kebakaran Museum Nasional berawal ketika petugas keamanan tengah melakukan apel. Sekitar pukul 19.58 WIB, terjadi ledakan dari arah bedeng proyek yang tengah mengerjakan renovasi di area museum.

Tak lama setelahnya, alarm berbunyi nyaring ketika muncul api. Setelah dilihat, keadaan api ternyata sudah membesar.

2. Bangunan yang Terbakar


Insiden kebakaran Museum Nasional itu melanda bagian Gedung A pada Sabtu (16/9/2023) malam hari. Pada gedung tersebut, tercatat ada sekitar 6 ruangan yang turut terdampak.



"Bangunan yang terbakar yakni museum Gajah Gedung A yang merupakan ruang pameran koleksi museum. Jenis Bangunan Menengah (BM) dengan luas areal terdampak kebakaran kurang lebih 600 meter persegi. Waktu selesai operasi pemadaman pukul 00.15 WIB," ujar Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta Satriadi Gunawan seperti dikutip, Selasa (19/9/20203).

Lebih jauh, saat kejadian pihaknya mengerahkan sekitar 14 unit mobil damkar terdiri dari 56 personel untuk memadamkan api.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)