Disgulkarmat Sebut Banyak Patung Pameran di Museum Nasional Hangus Terbakar

Senin, 18 September 2023 - 19:41 WIB
loading...
Disgulkarmat Sebut Banyak Patung Pameran di Museum Nasional Hangus Terbakar
Dinas Gulkarmat DKI Jakarta menyatakan sejumlah patung di Gedung A Museum Nasional hangus terbakar. Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menyatakan sejumlah patung di Gedung A Museum Nasional hangus terbakar. Kebakaran di Museum Nasional tersebut terjadi pada Sabtu, 16 September 2023 lalu.

Kepala Bidang Operasi Disgulkarmat DKI Jakarta, Suheri mengatakan, kebakaran aset patung tersebut banyak terjadi di kawasan pameran.

"Kalau untuk detailnya ini apa saja yang terbakar, itu adalah pameran yang kebanyakan adalah patung dan bahan-bahan lainnya. Mungkin yang lebih paham adalah yang punya aset," kata Suheri kepada wartawan, Senin (18/9/2023).

Mengenai penyebab kebakaran, Suheri belum dapat menjabarkan karena masih dalam penyelidikan kepolisian.



"Penyebab kebakaran masih diselidiki kepolisian. Yang jelas kejadian itu adalah berawal dari adanya aktivitas proyek di Blok C yang merambat ke Blok A," ujarnya.

Diketahui adanya dugaan unsur pidana dalam insiden kebakaran di Museum Nasional bakal ditelusuri polisi. Sebanyak 14 orang saksi telah diperiksa termasuk sekuriti dan pekerja.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengatakan, sejauh ini pihaknya telah memeriksa 14 orang saksi untuk dimintai keterangan terkait peristiwa tersebut. Polisi juga mengamankan sejumlah rekaman CCTV yang ada di lokasi.

"Pasti, kami pastikan proses hukum akan ditegakkan mana kala ditemukan adanya potensi-potensi, hal-hal yang memang mengarah pada perbuatan pidana," kata Komarudin, Minggu (17/9/2023).

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)