alexametrics

Punya Labkesda PCR, Kapasitas Testing Covid-19 DKI Empat Kali Lipat dari Standar WHO

loading...
Punya Labkesda PCR, Kapasitas Testing Covid-19 DKI Empat Kali Lipat dari Standar WHO
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengunjungi Labkesda di Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (1/8/2020). Foto: SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A+ A-
JAKARTA - DKI Jakarta kini memiliki Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) pemeriksaan COVID-19. Labkesda ini menjadi ujung tombak terpenting di dalam menghadapi pandemi COVID-19 di Ibu Kota.

Labkesda merupakan salah satu UPT Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yang ditetapkan Menteri Kesehatan menjadi salah satu laboratorium pemeriksaan sampel COVID-19 berbasis PCR (Polymerase Chain Reaction).

“Karena ini (hasil tes COVID-19) selalu dibicarakan, dibahas, dan alhamdulilah apa yang dibangun jejaring Labkesda ini sekarang menjadi ujung tombak terpenting di dalam menghadapi wabah yang sama-sama kita hadapi,” ungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengunjungi Labkesda di Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (1/8/2020).

Dalam kunjungannya Anies melihat secara langsung proses pengujian sampel tes PCR hingga mendapatkan hasil akhir pemeriksaan COVID-19. (Baca juga: Masifkan Tes PCR, Pemprov DKI Temukan 432 Kasus Positif Covid-19)



Anies menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap para petugas kesehatan atas totalitasnya dalam melakukan pengujian sampel. Sehingga DKI Jakarta mampu memiliki kapasitas testing empat kali lipat dari standar yang ditetapkan WHO.

“Saya datang ke sini ingin melihat langsung dan mengucapkan terima kasih langsung kepada ibu/bapak yang sudah bekerja luar biasa selama beberapa bulan ini. Kita itu sudah lama bekerja bersama, tapi kita lihatnya dari jauh terus. Namun jauh di mata dekat di hati,” tandasnya. (Baca juga: Satgas: Testing Covid-19 di Jakarta Lampaui Standar WHO, Patut Dicontoh)



Usai melihat langsung setiap proses pengujian sampel, Anies berharap masyarakat dapat mengetahui upaya yang Labkesda dalam pengujian sampel. Lebih lagi metode yang dilakukan di Labkesda DKI Jakarta dapat menjadi rujukan bagi daerah lain.

“Kalu lihat bulan Maret sungguh tidak terbayangkan sekarang kita bisa melakukan testing sebanyak ini. Sebuah kegiatan yang dulunya tak dikejar waktu, kini kecepatan dan volume menjadi penentu. Ini adalah masalah kemanusiaan yang dihadapi di semua tempat. Kalau kita bisa berbagi pengalaman (urusan testing COVID-19) maka mudah-mudahan bisa mengikuti rute yang pernah kita hadapi,” paparnya.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak