Alasan Ho Chi Minh City Ingin Menjalin Kerja Sama dengan Jakarta

Kamis, 07 September 2023 - 11:00 WIB
loading...
Alasan Ho Chi Minh City Ingin Menjalin Kerja Sama dengan Jakarta
Pemprov DKI Jakarta tengah mewujudkan potensi kerja sama sister city antara Jakarta dan Ho Chi Minh City. Foto/VietnamTourism-SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta tengah mewujudkan potensi kerja sama sister city antara Jakarta dan Ho Chi Minh City. Kerja sama antara kedua kota tersebut difokuskan pada bidang transportasi dan pariwisata.

Penjajakan kerja sama antara Jakarta dan Ho Chi Minh City terungkap setelah pertemuan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Joko Agus Setyono dengan Wakil Ketua Komite Rakyat Ho Chi Minh City, Vietnam, Bui Xuan Cuong, bersama Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Ho Chi Minh City, Agustaviano Sofjan, dan 16 delegasi dari berbagai departemen pada Pemerintah Kota Ho Chi Minh City, di Balai Kota Jakarta, pada Selasa 5 September 2023.

Lalu apa alasan Ho Chi Minh City ingin menjalan kerja sama dengan Jakarta?, Sekda DKI Joko Agus Setyono mengatakan, saat ini Jakarta sedang dalam proses memenuhi tantangan sebagai kota global dan menjadi kota bisnis.

"Jakarta sangat terbuka untuk menerima kesempatan kerja sama Ho Chi Minh City dalam bentuk sister city yang lebih intensif antarkota, dan sangat mendukung sekiranya Ho Chi Minh City berminat melakukan studi banding terkait transportasi dan mitigasi permasalahan lingkungan,” kata Joko.

Kepala Biro Kerja Sama Daerah DKI Jakarta Marulina Dewi menuturkan, Ho Chi Minh City dan Jakarta memiliki banyak kesamaan karakteristik.

Hal ini menjadikan Ho Chi Minh City sebagai mitra kerja sama yang prospektif, terutama dalam mewujudkan Jakarta menjadi kota global sekaligus penggerak ekonomi di kawasan ASEAN.

"Untuk kemitraan di bidang transportasi, MRT Jakarta sudah memiliki kerja sama pelatihan personel dengan Ho Chi Minh City Urban Railways No. 1 Company Limited (HURC 1), selaku pengelola HCM Metro," ujarnya.

Untuk potensi pariwisata antara Jakarta dan Ho Chi Minh City juga didukung dengan penerbangan langsung maskapai VietJet dari Ho Chi Minh City ke Jakarta.

Selain itu kebijakan bebas visa wilayah ASEAN serta perpanjangan masa tinggal bagi wisatawan kedua negara menjadi 45-90 hari sudah terwujud.


"Kami harap kemudahan perjalanan ini dapat mendukung peningkatan volume perdagangan, bisnis, dan investasi antarkedua kota,” kata Dewi.

Sementara itu, Wakil Ketua Komite Rakyat Ho Chi Minh City, Bui Xuan Cuong mengungkapkan, sebagai kota bisnis dan kota terbesar di Vietnam, Ho Chi Minh City tengah melakukan upaya reformasi pada sistem transportasi publik.

“Kami melakukan digitalisasi dan penyederhanaan manajemen pelayanan kota, serta membangun strategi untuk menarik investor dan mitra kerja sama. Kami berharap dapat melanjutkan kerja sama yang baik dengan Jakarta,” kata Bui Xuan Cuong.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)