Saksi Ungkap Kekalahan Ahok di Bangka Belitung Bukan karena Al Maidah

Selasa, 14 Maret 2017 - 11:34 WIB
Saksi Ungkap Kekalahan Ahok di Bangka Belitung Bukan karena Al Maidah
Saksi Ungkap Kekalahan Ahok di Bangka Belitung Bukan karena Al Maidah
A A A
JAKARTA - Saksi dari PNS Pemprov Bangka Belitung, Juhri mengungkapkan bahwa Ahok kalah di Pilkada Bangka Belitung bukan karena surat Al Maidah tapi karena perolehan suaranya sedikit.

Dalam persidangan, Juhri menjelaskan, saat Pilkada Bangka Belitung marak selebaran yang bernada SARA. Selebaran itu mengajak pemilih muslim untuk memilih pemimpin muslim.

"Memang tak ditujukan pada nama paslon tertentu, hanya saja selebaran tersebut tampak mendiskreditkan paslon yang beragama nonmuslim," katanya di sidang ke 14 Kasus penistaan agama dengan terdakwa Ahok,"Selasa (14/3/2017).

Selebaran itu, lanjutnya, muncul hanya saat ada Cagub nonmuslim saja yang maju di Pilkada, sedang Cawagubnya tak dipermasalahkan.

Dia mengungkapkan, selebaran tersebut merupakan suatu tindak pidana pemilu sehingga Panwaslu pun menyerahkan kasusnya ke polisi saat itu.

Begitu juga pelanggaran lainnya yang ditemukan saat Pilkada Bangka Belitung tahun 2007 silam itu.

"Namun, kekalahan pak Ahok bukan karena selebaran Al-Maidah, tapi karena kurangnya pemilih di kantong suara pak Ahok," katanya.

Adapun pelanggaran yang menggunakan isu SARA itu, bebernya, biasanya dilakukan menggunakan selebaran yang berisi ayat-ayat Alquran yang mana tujuannya untuk mendiskreditkan paslon nonmuslim.

Berbeda dengan pidato, seperti pidato Gus Dur untuk membolehkan memilih paslon nonmuslim bukanlan masuk kategori SARA.

"Kalau pidato Gus Dur itu kan penyerahan dan dijadwalkan memang. Saya kenal pak Ahok secara pribadi sejak dia jadi Bupati Belitung Timur, yah biasa saja yah orangnya, semuanya biasa saja kok tentang dia," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2158 seconds (0.1#10.140)