Pilkades Bogor Terapkan Sistem E-voting

Selasa, 14 Maret 2017 - 01:45 WIB
Pilkades Bogor Terapkan Sistem E-voting
Pilkades Bogor Terapkan Sistem E-voting
A A A
JAKARTA - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang berlangsung di 36 desa se-Kabupaten Bogor pada akhir pekan lalu berjalan lancar dan cukup kondusif. Salah satu desa menggelar Pilkades tersebut menggunakan sistem e-voting.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi mengatakan, Desa Babakan, Kecamatan Ciseeng, menjadi desa pertama di Kabupaten Bogor yang melakukan Pilkades menggunakan e-voting. Di mana, lajut Ade, setiap bilik suara pada sistem e-voting tersedia lima alat pemungutan suara.

Saat pemilihan, setiap pemilih menentukan calon yang akan dipilihnya menggunakan layar sentuh yang berisi foto-foto dan keterangan pasangan calon kepala desa yang bertarung."Pilkades di 36 desa kemarin berlangsung lancar. Tingkat partisipasi politik masyarakat pada masing-masing desa terlihat cukup tinggi," kata Ade dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Senin, 13 Maret 2016 kemarin.

Di sisi lain, sebagai Ketua DPD Golkar Kabupaten Bogor, Ade menuturkan, lebih dari 80% kader Golkar bertarung dalam Pilkades di seluruh Kabupaten Bogor menjadi pemenang. Bagi Partai Golkar keberhasilan tersebut menjadi indikator positif bahwa proses rekruitmen kepemimpinan politik yang dilakukan Golkar di tingkat desa berjalan efektif.

"Pencapaian politik ini diharapkan dapat menjadi motivasi kami untuk memenangkan Pemilukada Kabupaten Bogor dan Pemilukada Provinsi Jawa Barat tahun 2018 dan Pilpres 2019," ujarnya.

Ade berpesan kepada kader Golkar terpilih dapat menjadi kades yang amanah dan menjadi pelayan masyarakat yang baik dan mencintai rakyatnya. "Bagi mereka yang tidak terpilih tidak perlu berkecil hati, karena masih banyak ruang yang luas untuk melakukan peran sosial yang bermanfaat bagi masyarakat," katanya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5242 seconds (0.1#10.140)