Pamer Inovasi, Ribuan Start Up Unjuk Gigi di JiExpo Kemayoran

Kamis, 24 Agustus 2023 - 21:52 WIB
loading...
Pamer Inovasi, Ribuan Start Up Unjuk Gigi di JiExpo Kemayoran
Acara Indonesia 4.0 Conference & Expo di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (23/8/2023). Ribuan start up unjuk gigi memamerkan inovasinya. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Ribuan start up telah berpartisipasi melalui proses seleksi administrasi, video, dan pitching matchmaking sepanjang Maret - Mei 2023. Dari proses tersebut, terpilihlah 111 finalis dan 100 hubungan bisnis antara start up dan industri.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Dirjen IKMA) Kemenperin Reni Yanita mengatakan, ribuan pegiat start up dikumpulkan dalam ajang Start Up 4 Industry.

Mereka ditantang berlomba memecahkan masalah akses manufaktur mass production, akses pembiayaan, basis data permasalahan industri, akses kompetisi implementasi teknologi, hingga akses pasar global.

“Program Start Up for Industry merupakan strategi Kementerian Perindustrian untuk mempersiapkan tech start up Indonesia sebagai penyedia teknologi bagi industri dan masyarakat,” ujar Reni di acara Indonesia 4.0 Conference & Expo di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (23/8/2023).

Kemenperin telah membuka pendaftaran program Start Up for Industry tahun 2023 sejak 14 Maret - 31 Mei 2023. Gelaran ke-6 kompetisi ini mengusung tema Inspiring Industry Transformation.

“Selanjutnya, hanya 20 finalis pilihan yang melaksanakan proyek implementasi selama tiga bulan di 20 mitra dari sektor industri kecil dan menengah, dengan pengawasan dan bimbingan dari tim Startup4industry untuk memenuhi target key performance indicator yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Setelah para finalis terpilih, start up teknologi akan mengimplementasikan beberapa solusi teknologi, seperti automation, industrial internet of things, digitalisasi proses bisnis, artificial intelligence, green industry, teknologi imersif, advanced digital marketing dan traceability.

Ditjen IKMA Kemenperin telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp3 miliar untuk membiayai 58 proyek implementasi dalam kurun waktu 2018 - 2023 sekaligus pemberian penghargaan kepada para start up pemenang saat program berakhir.

Ke depannya, Startup4industry memiliki visi melahirkan kisah-kisah sukses pelaksanaan transformasi teknologi secara nyata, yang dapat menginspirasi para pelaku industri melakukan perubahan yang sama untuk ekspansi dan keberlanjutan usahanya.

Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut Kemenperin Dini Hanggandari menambahkan Indonesia 4.0 Conference & Expo menjadi sarana bagi Kemenperin untuk turut mendorong perkembangan dunia start up yang mampu memberikan manfaat bagi pelaku industri.

"Kami turut berpartisipasi pada event pameran Indonesia 4.0 Conference & Expo untuk dapat mempromosikan program S4I dengan menggandeng Asosiasi Start Up For Industry Indonesia (Starfindo)," katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2680 seconds (0.1#10.140)