Ahok Tak Dinonaktifkan, Mendagri Dinilai Tak Konsisten

Senin, 13 Februari 2017 - 00:06 WIB
Ahok Tak Dinonaktifkan, Mendagri Dinilai Tak Konsisten
Ahok Tak Dinonaktifkan, Mendagri Dinilai Tak Konsisten
A A A
JAKARTA - Setelah menjalani cuti kampanye, Basuki T Purnama (Ahok) kembali menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta kendati statusnya sudah menjadi terdakwa kasus penistaan agama. Kembalinya Ahok menjadi gubernur menuai kritikan tajam dari sejumlah pihak.

Pengamat Politik Zaki Mubarak menilai sekarang yang paling terkena dampak bukanlah warga DKI. Akan tetapi pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Mendagri dalam hal ini memberi perlakuan berbeda kepada Ahok. Soalnya beberapa pejabat kepala daerah yang lain langsung diberhentikan sementara ketika dinyatakan tersangka, apapun tindak pidananya," kata Zaki kepada SINDOnews, Minggu (12/2/2017).

Zaki mencontohkan ketika pimpinan KPK yang dikriminalisasi yaitu Bambang Widjajanto dan Abraham Samad yang saat itu langsung diberhentikan ketika tersangkut kasus. Zaki menilai warga akan berpersepsi jika Mendagri yang tidak konsisten untuk memutuskan. (Baca: Ahok Tak Dinonaktifkan, Mahfud MD: Presiden dan Mendagri Langgar Konstitusi )

"Ingat masyarakat sekarang semakin kritis, semakin sulit bagi para calon, termasuk petahana untuk bermanuver curi-curi kesempatan di minggu tenang ini," kata Zaki.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4790 seconds (0.1#10.140)