Yayasan MAI Gelar Festival Muharram, PWNU DKI: Tradisi Baik Harus Dipertahankan

Minggu, 13 Agustus 2023 - 18:01 WIB
loading...
Yayasan MAI Gelar Festival Muharram, PWNU DKI: Tradisi Baik Harus Dipertahankan
Ketua PWNU DKI Jakarta KH Syamsul Maarif mengapresiasi Festival Muharram Merdeka yang diselenggarakan Yayasan Media Amal Islami (MAI). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta, KH Syamsul Ma'arif mengapresiasi Festival Muharram Merdeka yang diselenggarakan Yayasan Media Amal Islami (MAI). Kegiatan yang digelar di Halaman Yayasan MAI, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada 12-13 Agustus 2023 ini dalam rangka menyambut HUT RI ke-78.

Menurut Syamsul Ma'arif, kegiatan tersebut merupakan kegiatan tradisi yang baik dan harus dipertahankan. "PWNU DKI Jakarta mengapresiasi kepada MAI yang sudah menyelenggarakan prosesi serangkaian kegiatan Festival Muharram Merdeka ini sebuah tradisi yang baik dan memang harus kita pertahankan terutama untuk mencari kemampuan dalam bidang agama. Selain itu, memberikan rasa cinta kepada agama. Saya kira ini harus kita dukung terus tokoh agama," katanya, Minggu (13/8/2023).

Syamsul Ma'arif juga berharap seluruh tokoh agama khususnya di DKI Jakarta agar tetap mempertahankan tradisi yang sudah dibagun sejak dahulu. "Saya berharap seluruh tokoh agama di DKI Jakarta tetap mempertahankan tradisi yang sudah dibangun oleh pendahulu kita," ujarnya.



Ketua Umum Yayasan MAI, Fathi Ihsan menjelaskan kegiatan Muharram sempat terhalang pandemi Covid-19 beberapa tahun ke belakang yang terpaksa digelar secara online atau daring. Namun, kini Festival Muharram digelar bertepatan dengan menyambut HUT ke-78 RI dan dilaksanakan secara offline atau luring.

"Yayasan MAI rutin melaksanakan kegiatan Muharram tapi karena beberapa tahun terjadi pandemi Covid-19 kita melaksanakan kegiatan Muharram secara online dan ini merupakan kali pertama kita melaksanakan Festival Muharram Merdeka secara offline dan sekaligus merayakan kemerdekaan RI, kita mengadakan kegiatan perlombaan dan alhamdulillah perlombaan sudah dilaksanakan kemarin," ujar Fathi.

Dewan Pengawas MAI Endrie Djoko Satrio menjelaskan ada sejumlah perlombaan dalam Festival Muharram Merdeka mulai dari Pildacil hingga Hadroh. Adapun peserta diikuti dari 50 sekolah di Jakarta dan Depok mulai tingkat Pendidikan Usia Dini (Paud) hingga SMP. "Lomba kemarin ada follow the line, mewarnai, pildacil, serta hadroh. Pesertanya dari 50 sekolah yang ada di Jakarta tingkat Paud sampai dengan SMP," ucap Djoko.

Hadir dalam acara tersebut di antaranya Ketua PWNU DKI KH Syamsul Ma'arif; Ketua Pengurus Besar Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) Syarief Hidayatullah; Kasi Kesra Kecamatan Jagakarsa M Soleh; tokoh masyarakat; tokoh agama; dan peserta Festival Muharram Merdeka.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)