Kerap Picu Banjir, Kali Krukut Dipasang Tanggul Sepanjang 1 Km

Selasa, 27 Juni 2023 - 16:32 WIB
loading...
Kerap Picu Banjir, Kali Krukut Dipasang Tanggul Sepanjang 1 Km
Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) membangun tanggul sepanjang 1 km di bantaran Kali Krukut, permukiman warga RW 04, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto: MPI/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) membangun tanggul sepanjang 1 km di bantaran Kali Krukut, permukiman warga RW 04, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Hal ini untuk mencegah banjir ke permukiman warga ketika Kali Krukut meluap.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) SDA Jakarta Pusat Mustajab mengatakan, tanggul tersebut dibangun lantaran Kali Krukut kerap meluap pada saat hujan deras.


"Pembangunan tanggul ini sebagai langkah penahan limpasan atau luapan Kali Krukut," ujar Mustajab di lokasi, Selasa (27/6/2023).

Mustajab telah menerjunkan Satgas SDA hingga alat berat untuk membangun tanggul dengan ketinggian 100 cm dan lebar 80 cm itu.

"Pembangunan ini juga atas permintaan warga agar wilayah mereka tidak terkena luapan Kali Krukut," imbuhnya.


Kendati demikian, kata Mustajab, pihaknya kerap merasa kesulitan tatkala berhubungan dengan bangunan yang berada di bantaran kali. Sehingga, pekerjaan tersebut sedikit lebih alot, karena perlu adanya sosialisasi.

"Kita sudah sosialisasi juga kepada warga. Kita prioritaskan yang memang kawasan warga lokasinya rendah dibanding yang lebih tinggi. Diperkirakan tahun ini akan selesai pembangunan tanggul ini," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)