165 Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban Disebar di Jakarta saat Iduladha

Selasa, 27 Juni 2023 - 14:31 WIB
loading...
165 Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban Disebar di Jakarta saat Iduladha
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melepas secara simbolis petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban dari Kantor Perumda Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (27/6/2023). Foto: Dok Pemprov DKI
A A A
JAKARTA - Sebanyak 165 petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban disebar saat hari H Iduladha 1444 Hijriah. Mereka secara resmi dilepas dari Kantor Perumda Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (27/6/2023).

Pelepasan petugas itu dilakukan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Heru mengapresiasi seluruh petugas yang akan bertugas dan berharap seluruh prosesnya berjalan lancar.

“Saya ucapkan terima kasih dan selamat bertugas. Semoga apa yang kita harapkan semua berjalan dengan baik, hewan-hewan kurban bisa diteliti, dicek, dan tentunya harapan kita adalah semuanya sehat dan tidak ada kendala di lapangan,” kata Heru.



Heru menjelaskan, petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban pada saat penyembelihan berjumlah 700 orang. Petugas tersebut merupakan tim gabungan dari berbagai dinas/instansi dan perguruan tinggi.

Seperti Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, jajaran dokter hewan dari Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Jakarta, Perumda Dharma Jaya, dan didukung oleh Asosiasi Juru Sembelih Halal, Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta, dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) DKI Jakarta.



Untuk mengamankan proses pemotongan hewan kurban, juga akan melibatkan jajaran dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Satpol PP DKI Jakarta. “Mohon dukungan dari seluruh petugas untuk bisa melakukan tugasnya,” ujarnya.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KPKP DKI Jakarta telah memeriksa sebanyak 61.850 ekor hewan kurban, sehingga dipastikan kondisi hewan yang akan disembelih dalam keadaan sehat dan lengkap.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak 13 persen dari tahun 2022. Sementara itu hewan kurban yang sudah didaftarkan untuk dilakukan pemotongan naik sekitar 5-7 persen menjadi 52.000 ekor.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)