Harapan Penyandang Disabilitas Terhadap Perindo: Kami Ingin Jalan Tanpa Hambatan

Selasa, 20 Juni 2023 - 18:29 WIB
loading...
Harapan Penyandang Disabilitas Terhadap Perindo: Kami Ingin Jalan Tanpa Hambatan
Partai Perindo DKI Jakarta menggelar senam dengan komunitas IRT sekaligus memberikan edukasi pentingnya taman ramah disabilitas di RW 02 Taman Pancasila, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (20/6/2023). Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - DPW Partai Perindo DKI Jakarta menggelar senam dengan komunitas Ibu Rumah Tangga (IRT) sekaligus memberikan edukasi pentingnya taman ramah disabilitas di lingkungan RW 02 Taman Pancasila, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (20/6/2023). Dalam kesempatan itu, perwakilan masyarakat penyandang disabilitas Jakarta Christie Damayanti menyampaikan harapannya kepada Partai Perindo.

Menurut dia, meski Jakarta telah maju dan modern, namun masih banyak fasilitas sosial (Fasos) dan fasilitas umum (Fasum) yang belum ramah terhadap penyandang disabilitas.

Christie menilai perkembangan pembangunan di Jakarta belum memberikan ruang bagi kaum disabilitas. Bahkan, pembangunan selama ini hanya mengedepankan bangunan beton yang juga tidak ramah lingkungan.



"Saya agak bingung kalau dibilang taman di tengah kota lalu kenapa taman yang hijau kenapa beton. Kalau alasannya untuk kegiatan bersama, tidak harus pakai beton bisa pakai conblock agar semua tetap hijau dan ramah disabilitas," ujar Christie di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (20/6/2023).

Apa yang harus dilakukan Perindo saat ini dalam mengampanyekan hak penyandang disabilitas patut diacungi jempol. "Bahwa kita membutuhkan sesuatu yang mungkin tidak terucapkan atau terbangun oleh pemerintah oleh siapa pun. Kita ingin harapan kita dilakukan untuk dimiliki," ujarnya.

"Jadi memang nggak gampang ya. Kemarin saya keliling Singapura 6 bulan 7 kali bolak-balik, yang saya dapat adalah luas negara yang tidak lebih dari Jakarta tapi di sana nyaman tanpa naik apa pun. Jika Jakarta bisa seperti itu, kami disabilitas bisa berangkat ke kantor tanpa ada gangguan," lanjutnya.

Partai Perindo DKI Jakarta meminta Pemprov DKI terus melanjutkan program dalam memberikan fasilitas khusus bagi masyarakat penyandang disabilitas.

Wakil Bendahara Umum DPW Partai Perindo DKI Jakarta Ani Kusumadewi menuturkan partainya terus berupaya mengedepankan kehadiran taman ramah disabilitas di lingkungan masyarakat.

Partai Perindo yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 juga berupaya memberikan pemahaman terkait pentingnya saling menghargai kepada masyarakat penyandang disabilitas.

"Sejak tahun 2017 kami mengampanyekan akses bagi disabilitas untuk bisa hidup sejahtera. Kita melihat banyak peningkatan dan ini kita sangat menyambut baik untuk inklusivitas masyarakat masih saling menghargai dan memberikan fasilitas bagi teman yang memiliki keterbatasan," ungkapnya.

Sebagai kader Partai Perindo yang dipimpin Hary Tanoesoedibjo dan mendukung Bacapres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo, Perindo akan terus menggaungkan Peraturan Pemerintah No 42 Tahun 2020 dan peraturan perundang-undangan bagi penyandang disabilitas.

"Kami terus menyuarakan akses-akses pelayanan publik untuk teman yang memiliki keterbatasan, memiliki ruang kesetaraan yang sama. Perindo akan terus memajukan dan memberikan akses teman-teman yang normal dan juga keterbatasan," kata Ani.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2256 seconds (0.1#10.140)