Lapak Jual Hewan Kurban di Jakarta, Sudah Ada Sejak Zaman Kolonial

Selasa, 20 Juni 2023 - 14:34 WIB
loading...
Lapak Jual Hewan Kurban di Jakarta, Sudah Ada Sejak Zaman Kolonial
Banyak lapak jual hewan kurban di Jakarta yang bisa didatangi. Namun, ada beberapa tempat yang direkomendasikan untuk membeli hewan kurban sapi maupun kambing. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Banyak lapak jual hewan kurban di Jakarta yang bisa didatangi. Namun, ada beberapa tempat yang direkomendasikan untuk membeli hewan kurban sapi maupun kambing.

Bahkan, ada lapak jual hewan kurban yang rutin beroperasi setiap Hari Raya Iduladha sejak zaman kolonial Belanda. Lapak-lapak tersebut menjual hewan kurban dengan harga bervariasi.



Berikut lapak jual hewan kurban di Jakarta:

1. Pasar Rebo, Jakarta Timur
Bagi Anda yang sedang mencari hewan kurban dapat mengunjungi Pasar Rebo, Jakarta Timur tepatnya di Jalan Raya Bogor. Pedagang hewan kurban mulai membuka lapaknya 1 bulan sebelum Iduladha.

Berbagai hewan kurban dijajakan mulai dari kambing, domba, hingga sapi. Harganya sangat beragam hingga menyentuh Rp30 juta per sapi dengan bobot jumbo.

Adanya lapak jual hewan kurban di Pasar Rebo membuat pihak kecamatan mengimbau penjual hewan kurban tidak menggunakan fasilitas sosial dan fasilitas umum sebagai lokasi berdagang.

2. Tanah Abang, Jakarta Pusat
Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat merupakan pasar hewan kurban yang sudah ada sejak zaman kolonial. Keberadaan pasar kambing muncul karena Tanah Abang kala itu menjadi tempat persinggahan petani dan peternak.

Melalui Kali Krukut, banyak petani dan peternak membawa hasil hutan beserta hewan ternaknya ke Tanah Abang. Kawasan Tanah Abang juga dimanfaatkan sebagai lokasi peristirahatan dan penggembalaan ternak. Pasar kambing di Tanah Abang masih eksis hingga kini.

3. Cempaka Putih, Jakarta Pusat
Lokasi penjualan hewan kurban juga banyak terdapat di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Deretan penjual hewan kurban di Cempaka Putih menyediakan jenis ternak sapi dan kambing untuk keperluan Iduladha.

Pelanggan dapat langsung mendatangi wilayah ini seperti di Jalan Raya Tanah Mas. Kesehatan ternak yang dijajakan terjamin dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

4. Klender, Jakarta Timur
Wilayah Klender, Jakarta Timur dapat menjadi salah satu tujuan Anda untuk berburu hewan kurban. Para penjual hewan kurban berjejer di sekitar Pasar Klender hingga Pondok Kopi, salah satunya di Jalan I Gusti Ngurah Rai.

Beberapa pedagang ternak sapi dan kambing di lokasi tersebut bahkan tidak hanya berjualan saat menjelang Iduladha melainkan hingga sepanjang tahun. Mereka siap memenuhi kebutuhan daging untuk akikah atau acara besar lainnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)