Puluhan Siswa SMKN 4 Tangerang Dapat Pengetahuan Mitigasi Risiko Bencana Gempa

Minggu, 11 Juni 2023 - 17:22 WIB
loading...
Puluhan Siswa SMKN 4 Tangerang Dapat Pengetahuan Mitigasi Risiko Bencana Gempa
Sejumlah siswa SMK Negeri 4 Kota Tangerang mendapatkan pengetahuan mitigasi risiko bencana dari tim dosen Universitas Mercu Buana. Foto: Ist
A A A
TANGERANG - Sejumlah siswa SMK Negeri 4 Kota Tangerang mendapatkan pengetahuan mitigasi risiko bencana . Salah satunya menggunakan teknologi GIS (Geographic Information System).

Dalam seminar berjudul "Mitigasi Risiko Bencana Gempa di Lingkungan SMKN 4 Tangerang," hadir sebanyak 50 siswa sebagai peserta. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana dan SMKN 4 Kota Tangerang.



Para peserta mendapatkan pengetahuan berharga melalui penyuluhan yang disampaikan tim dosen. Tim dosen terdiri dari Reza Ferial Ashadi, Anom Wibisono, dan Paksi Dwiyanto Wibowo.

Mereka memberikan wawasan tentang mitigasi risiko bencana gempa menggunakan teknologi GIS dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk menjaga keselamatan dalam menghadapi gempa bumi.

“Dengan menggunakan teknologi GIS berupa overlay beberapa layer peta dihasilkan peta zonasi bahaya suatu daerah tertentu sehingga dapat meminimalisir dampak gempa,” ujar Reza, Minggu (11/6/2023).

Peserta seminar antusias mengikuti kegiatan ini terutama siswa-siswa dari jurusan Geomatika karena sesuai dengan kompetensi mereka dalam hal Survey dan Geographic Information System. Suasana semakin ceria ketika peserta diberikan reward ketika berhasil menjawab kuis dari presenter.

Selain penyuluhan, panitia kegiatan juga memberikan alat peraga berupa poster tentang rumah aman gempa kepada peserta. Poster ini dirancang secara visual untuk memberikan informasi praktis mengenai prinsip-prinsip konstruksi rumah tahan gempa.

Diharapkan poster tersebut dapat menjadi panduan bagi peserta dalam merencanakan dan membangun rumah yang aman sekaligus tahan guncangan gempa.

Kegiatan Seminar Rumah Tahan Gempa ini merupakan bentuk kerja sama yang erat antara Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana dan SMKN 4 Kota Tangerang.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)