Jelang Lebaran, PKL Kian Penuhi Jalanan Jakarta

Rabu, 22 Juni 2016 - 02:30 WIB
Jelang Lebaran, PKL Kian Penuhi Jalanan Jakarta
Jelang Lebaran, PKL Kian Penuhi Jalanan Jakarta
A A A
JAKARTA - Dua pekan menjelang Lebaran dimanfaatkan oleh sejumlah pedagang kaki lima (PKL) untuk berdagang. Akibatnya kondisi ini membuat sejumlah ruas jalan di Ibu Kota kian macet dipenuhi para PKL.

Pantauan Sindonews, Selasa, 21 Juni 2016 kemarin, banyak jalanan telah berubah fungsi, lalu lintas yang semestinya nyaman untuk pengguna kendaraan mendadak dipenuhi oleh pedagang dan parkir liar.

Kawasan seperti pintu kecil Asemka, Jalan Panjang Kedoya, Kota Tua, Glodok, hingga depan Pasar Senen menjadi lokasi yang tak terpisahkan dari kesemrawutan jalanan. Kondisi membuat macet semakin tak terhindarkan.

"Ini semakin parah mas, malah enggak gerak lagi," tutur Yudi (36) salah satu pengendara di kawasan Pintu Kecil 1, Asemka, Taman Sari, Jakarta Barat, kemarin. Sekalipun di kawasan ini terdapat anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang berjaga, namun hal itu tak lantas membuat kemacetan menjadi terurai.

Hal sama juga terjadi di depan Pasar Senen, kemacetan juga semakin tak terurai, adanya parkir liar membuat jalanan semakin semrawut. Kondisi ini diperparah dengan kesemrawutan angkutan yang kerap berhenti secara sembarang.

"Ini cukup parah mas, kita sampai enggak bisa jalan, padahal cuman mau ke stasiun aja," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Barat Anas Efendi mengatakan, akan menindak tegas PKL yang melanggar. Dia pun telah
berkoordinasi dengan sejumlah lurah dan camat untuk melakukan penindakan. "Intinya jangan terlalu memenuhi, kasih space jalan untuk pengendara," tutupnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6813 seconds (0.1#10.140)