DKI Lakukan Swab Test Covid-19 untuk Ratusan Pencari Suaka di Kalideres

Kamis, 23 Juli 2020 - 18:01 WIB
loading...
DKI Lakukan Swab Test Covid-19 untuk Ratusan Pencari Suaka di Kalideres
Ratusan pencari suaka dari sejumlah negara Afrika dan Timur Tengah di Gedung Eks Kodim, Jakarta Barat, melakukan uji tes swab.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Ratusan pencari suaka dari sejumlah negara Afrika dan Timur Tengah melakukan uji tes swab . Kegiatan dilakukan sejak Rabu, 22 Juli kemarin hingga Jumat, 24 Juli 2020 besok di Gedung Eks Kodim, Jalan Bedegul, Kalideres, Jakarta Barat.

"Kita lakukan bertahap untuk 50 orang per harinya," ungkap Camat Kalideres , Naman Setiawan dikonfirmasi Kamis (23/7/2020). Naman melanjutkan, banyaknya pengungsi yang berjumlah 200 pengungsi membuat pihaknya menargetkan uji swab 50 orang per harinya.

"Targetkan sampai Jumat. Tapi seandainya waktunya enggak cukup yah kita lakukan hari Senin,” katanya. Pelaksanaan tes swab dilakukan setiap hari mulai pukul 09.00 WIB. Satu per satu pengungsi diambil dahak untuk dijadikan spesimen untuk dibawa ke laboratorium, dan hasil uji swab massal akan diterima empat atau tujuh hari. (Baca: Hari Ini Positif Covid-19 di Jakarta Bertambah 416 Kasus)

Terpisah, Lurah Kalideres, Ahmad Subhan mengatakan, kegiatan tes swab yang digelar tim Puskesmas Kecamatan Kalideres dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Subhan menjamin para pengungsi yang menjalani tes swab wajib menerapkan protokol kesehatan yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak (3M).

Menurut Subhan, uji swab tahap pertama yang diadakan Rabu kemarin berjalan tertib. Para pengungsi antre dengan tertib sambil menunggu giliran menjalani tes swab. "Pelaksanaannya berlangsung tertib. Mereka antri mulai dari pendaftaran, skrining kesehatan hingga pengambilan sampel lendir pada hidung atau tenggorokan." tutup Subhan.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)