Langka! Layar Tancap Akan Diputar pada Acara Lebaran Betawi di Monas Malam Ini

Sabtu, 20 Mei 2023 - 16:20 WIB
loading...
Langka! Layar Tancap Akan Diputar pada Acara Lebaran Betawi di Monas Malam Ini
Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar acara Lebaran Betawi yang berlangsung 20-21 Mei 2023 di Sisi Selatan Monumen Nasional (Monas). Foto: Antara/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menggelar acara Lebaran Betawi yang berlangsung 20-21 Mei 2023 di Sisi Selatan Monumen Nasional (Monas) , Gambir, Jakarta Pusat. Lebaran Betawi 2023 mengusung tema 'Betawi Kompak, Jakarta Sukses, Indonesia Maju'.

Ketua Panitia Lebaran Betawi 2023 Beky Mardani mengatakan, acara Lebaran Betawi ini gratis dan dari mana saja boleh bergabung menyaksikan sajian pertunjukan budaya khas Betawi.

Beragam sajian hiburan khas Betawi tersedia di acara ini, mulai dari atraksi bedug hingga lenong atau komedi. Tak hanya itu, malam hari nanti bakal ada sajian layar tancap yang sudah mulai jarang ditemui masyarakat Jakarta.



Puncak perhelatan Lebaran Betawi 2023 berlangsung Minggu (21/5/2023) yang akan dihadiri sejumlah tokoh masyarakat Betawi, ulama, hingga pejabat Pemprov DKI Jakarta. Perhelatan Lebaran Betawi dimulai sejak pukul 07.00-18.00 WIB.

"Besok ada parade budaya, ada prosesi hantaran dan juga hiburan. Bahkan nanti malam ada layar tancap sebagai salah satu ciri dari masyarakat yang di Jakarta yang sudah sulit ditemui," ujar Beky kepada wartawan di Monas, Sabtu (20/5/2023).

"Yang ingin menyaksikan berbagai kesenian kemudian bersilaturahmi dengan berbagai tokoh, termasuk tokoh tokoh masyarakat Betawi, ulama dan pemerintah provinsi silakan hadir di Monas besok jam 7 pagi sampai jam 6 sore," lanjutnya.



Beky menyebutkan terdapat tiga makna besar perhelatan acara Lebaran Betawi yang sempat vakum imbas pandemi Covid-19.

"Bagi masyarakat Betawi, Lebaran adalah bentuk rasa syukur setelah melalui satu bulan berpuasa. Rasa syukur kemudian merayakan bersilaturahmi dan silaturahmi kali ini tidak hanya dengan keluarga tapi juga masyarakat yang lebih luas. Dan bahkan masyarakat di luar Jakarta," kata Beky.

"Jadi ini adalah silaturahmi akbar. Masyarakat Betawi dengan masyarakat Betawi. Lalu dengan masyarakat lain yang ada di Jakarta, dan juga pemerintah. Dalam hal ini Pemprov DKI Jakarta yang memang mendukung agenda dari Lebaran betawi," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)