Viral Video Antrean Gugatan Cerai di Pengadilan Agama Cibinong, Cek Faktanya!

Sabtu, 13 Mei 2023 - 13:53 WIB
loading...
Viral Video Antrean Gugatan Cerai di Pengadilan Agama Cibinong, Cek Faktanya!
Beredar video di media sosial suasana antrean masyarakat di Pengadilan Agama Cibinong, Kabupaten Bogor. Foto/Tangkapan Layar/Istimewa
A A A
BOGOR - Beredar video di media sosial suasana antrean masyarakat di Pengadilan Agama Cibinong, Kabupaten Bogor. Dalam video dinarasikan masyarakat tengah antre untuk mengikuti sidang gugatan perceraian pasca-Lebaran.

Dalam video tersebut, tampak suasana di depan pintu masuk Kantor Pengadilan Agama Cibinong. Perekam memperlihatkan antrean panjang masyarakat yang hendak masuk ke dalam kantor tersebut.

"Dunia sedang tidak baik2 saja. Abis Lebaran gugatan cerai meningkat. Mau sidang antrinya udah kaya orang antri sembako," tulis keterangan dalam video dikutip MNC Portal, Sabtu (13/5/2023).

Terpisah, Humas Pengadilan Agama Cibinong Dadang Karim mengatakan, video tersebut berada di ruang luar. Peristiwa itu terjadi ketika pintu ruang tunggu dibuka pada Rabu 10 Mei 2023.


"Itu lokasinya di ruang tunggu Pengadilan Cibinong yang di luar tapi di sini perlu saya jelaskan kalau itu kejadiannya pagi jadi ketika pintu ruang tunggu dibuka," kata Dadang dikonfirmasi.

Dijelaskannya, tidak semua yang datang ke Pengadilan Agama untuk sidang. Tetapi, ada juga yang ingin konsultasi daftar, mengambil produk pengadilan seperti akta cerai, putusan, dan lainnya.

"Itu bisa dilihat sebetulnya dari tanda pengenal yang diberikan oleh sekuriti kami. Kalau yang sidang dan mengambil produk itu tandanya merah, pengacara itu kuning, yang konsultasi itu hijau. Karena itu kejadian pagi dan semua yang berkepentingan masuk secara bersama-sama dalam waktu yang serempak," jelasnya.

Ketika itu, persidangan di Pengadilan Agama Cibinong tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan hari lain. Kemungkinan, yang paling banyak adalah masyarakat yang daftar dan konsultasi.

"Tapi karena yang datangnya serempak untuk semua tujuan itu, jadi seolah-olah berdesak. Perlu diingat bahwa ruang tunggu kami memang sempit ya, kami tidak punya kapling untuk ruang tunggu sesuai tujuannya masing-masing. Jadi di situ kumpul untuk empat tujuan yang berbeda. Jadi kalau datang serempak di waktu bersamaan kejadiannya seperti itu," tuturnya.

Selain itu, untuk persidangan biasanya masyarakat membawa saksi masing-masing. Sehingga, apabila dikatakan dalam video beredar tersebut seluruhnya untuk sidang gugatan cerai tidak tepat. "Jadi tidak akurat kalau yang untuk bersidang," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)