Perjalanan Thudong 32 Biksu Thailand Berjalan Kaki Lintasi 4 Negara Menuju Candi Borobudur, Singgah di Bekasi

Jum'at, 12 Mei 2023 - 11:24 WIB
loading...
Perjalanan Thudong 32 Biksu Thailand Berjalan Kaki Lintasi 4 Negara Menuju Candi Borobudur, Singgah di Bekasi
32 biksu dari Thailand singgah di Wihara Budha Dharma Margahayu, Kota Bekasi. Mereka berjalan melintasi 4 negara menuju Candi Borobudur Jawa Tengah. Foto: MPI/Danandaya Arya Putra
A A A
BEKASI - Sebanyak 32 biksu dari Thailand singgah di Wihara Budha Dharma Margahayu, Kota Bekasi. Mereka akan berjalan kaki ke Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah untuk menyambut Hari Raya Waisak 2023.

Sebelum singgah di Kota Bekasi, mereka berjalan kaki dari Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia lalu berjalan menuju Candi Borobudur.



”Kami bangga sekali dan rasa terhormat umat Budha di Kota Bekasi mendpatkan kunjungan dari 32 biksu atau bhante dari Thailand yang berjalan kaki dari Thailand ke Malaysia, Singapura lalu ke Indonesia,” ucap Ketua Badan Pengurus Yayasan Pancaran Tridharma Ronny Hermawan kepada wartawan, Jum'at (12/5/2023).

Perjalanan Thudong 32 Biksu Thailand Berjalan Kaki Lintasi 4 Negara Menuju Candi Borobudur, Singgah di Bekasi


Thudong sendiri merupakan perjalanan spiritual dengan berjalan kaki yang dilakukan umat Budha. Ronny mengaku, ritual ini sebenarnya sudah terjadi ratusan tahun yang lalu, meski sebelumnya sempat berhenti saat pandemi Covid-19.

”Sebetulnya perjalanan yang namanya Thudong ini sudah jadi tradisi ratusan tahun yang lalu tapi kan tidak dilakukan setiap tahun, apalagi kemarin pandemi selama beberapa tahun enggak pernah, baru lah ini dimulai lagi,” katanya.



Pantauan SINDOnews di Wihara Budha Dharma, mereka semua umat Budha menyambut baik kedatangan 32 biksu. Para biksu di Wihara melakukan doa bersama serta menyantap makanan bersama umat Budha.

Ia menambahkan, setelah dari Wihara Budha Dharma, 32 biksu itu akan kembali berjalan kaki menuju Cikarang, Kabupaten Bekasi. Ia mengatakan semua kebutuhan biksu biasanya akan diberi oleh umat budha ketika bertemu dengan biksu.

”Setelah ini lepas jalan kaki ke Cikarang, ke wihara sana juga, nah itu nanti umat-umat setiap mampir ada yang nyumbang sendal, karena biku ini cuma bawa baju ganti, jubah, pakain dalam, perlengkapan mandi, sama payung udah. Makan juga dari umat,” ucapnya.

Ritual thudong dilakukan para biksu untuk mencari jati diri selain terkait dengan keagamaan. Selama perjalanan, para biksu akan dikawal Laskar Agung Macan Ali Nusantara yang merupakan komunitas muslim asal Cirebon.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)