Nama Wilayah di Jakarta Berawalan Duren, Ayo Tebak!

Jum'at, 12 Mei 2023 - 09:31 WIB
loading...
Nama Wilayah di Jakarta Berawalan Duren, Ayo Tebak!
Duren sawit merupakan sebuah kecamatan yang ada di kota administrasi Jakarta Timur. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ada beberapa daerah yang memiliki nama unik seperti menggunakan nama-nama buah. Setidaknya terdapat dua daerah di Jakarta yang menggunakan kata ‘duren’, diambil dari nama buah durian, sebagai nama depannya.

Penyematan nama buah untuk sebuah wilayah bukan lagi hal yang asing. Beberapa wilayah di Jakarta memiliki nama yang depannya terdapat kata ‘Duren’ berikut ini:

1. Duren Sawit

Duret Sawit adalah kecamatan yang berada di wilayah Jakarta Timur.

Kecamatan Duren Sawit memiliki tujuh kelurahan yang berada di naungan wilayahnya, yaitu Kelurahan Pondok Bambu, Kelurahan Pondok Kelapa, Kelurahan Pondok Kopi, Kelurahan Malaka Jaya, Kelurahan Malaka Sari, Kelurahan Klender dan Keluran Duren Sawit.



Kecamatan Duret Sawit menjadi salah satu kecamatan yang memiliki nama yang menarik karena berasal dari nama buah. Duren Sawit merupakan wilayah yang dikenal sebagai penghasil durian dan sawit.

Tetapi untuk penamaannya sendiri disebut sudah ada sejak sebelum wilayah itu menghasilkan durian dan sawit. Disebut bahwa wilayah ini dahulu merupakan perkampungan orang Jawa yang berasal dari daerah Durensawit di Pati, Jawa Tengah.

Tidak hanya Kecamatan Duren Sawit, untuk nama kelurahan yang ada di bawahnya pun penamaannya sudah ada sejak kolonial Belanda.

Maka dengan begitu, sebagian besar nama wilayah di Kecamatan Duren Sawit merupakan warisan dari masa kolonial Belanda yang dinamakan berdasarkan kondisi wilayahnya.

2. Duren Tiga

Wilayah lainnya di Jakarta yang memiliki nama depan ‘Duren’ adalah Duren Tiga. Wilayan ini berada di Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan. Sebagian masyarakat meyakini nama Duren Tiga berasal dari tiga pohon durian yang besar yang ada di wilayah ini.

Tetapi ada versi lain mengapa wilayah ini dinamakan Duren Tiga.



Alih-alih berasal dari tiga pohon durian yang dulu berada di wilayah ini, penamaan wilayah tersebut konon disebabkan keberadaan sebuah pabrik korek api yang berlogo tiga buah durian. Pabrik tersebut terletak di pinggir Jalan Raya Duren Tiga Raya.

Selain Duren Sawit dan Duren Tiga, ada pula wilayah lain di Jakarta yang penamaannya masih mengandung unsur duren. Wilayah tersebut adalah Tanjung Duren Utara dan Tanjung Duren Selatan.

Kedua daerah ini berada di dalam wilayah Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)