Asal Usul Duren Tiga, Daerah Rumah Dinas Ferdy Sambo Lokasi Penembakan Brigadir J

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 15:11 WIB
loading...
Asal Usul Duren Tiga, Daerah Rumah Dinas Ferdy Sambo Lokasi Penembakan Brigadir J
Penampakan gerbang kompleks perumahan Irjen Pol Ferdy Sambo di Kompleks Pertambangan, Jalan Saguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan. Foto: MPI/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTA - Kawasan Duren Tiga belakangan menjadi sorotan lantaran menjadi lokasi penembakan Brigadir Yosua Hutabarat, tepatnya di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Duren Tiga adalah sebuah kelurahan di Jakarta Selatan yang menjadi bagian dari Kecamatan Pancoran. Mengutip buku karangan Zaenuddin MH bertajuk ‘212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe’ (hlm 256), Duren Tiga adalah wilayah yang dulunya diyakini memiliki tiga buah pohon duren besar berbuah lebat.

Baca juga: Ternyata Perumahan Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga Jaksel Pernah Terjadi Perampokan

Selain Duren Tiga, terdapat wilayah lain di Jakarta yang menggunakan kata ‘duren’, yakni Tanjung Duren dan Duren Sawit. Menurut Zaenuddin MH, ada penjelasan lain mengenai awal mula nama Duren Tiga ini.

Alih-alih berasal dari keberadaan tiga pohon duren, nama Duren Tiga diketahui pula sebuah pabrik korek api, yakni ‘Duren Tiga’. Pabriknya sendiri konon terletak di pinggir Jalan Raya Duren Tiga Raya.



Korek api yang dihasilkan itu dibungkus dalam kotak korek berwarna hitam dengan gambar atau lambang 3 buah korek. Diketahui, pabrik korek itu sudah pindah ke sebuah wilayah di Jawa Barat.

Baca juga: Pascapenembakan Polisi, Begini Penampakan Kediaman Kadiv Propam di Jaksel

Wilayah Duren Tiga belakangan ramai menjadi perbincangan. Kasus kematian Brigadir Yoshua atau Brigadir J yang menjerat eks Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo terus bergulir hingga kini.

Ferdy Sambo sudah ditetapkan sebagai tersangka pada Selasa, 9 Agustus 2022. Sebelumnya, diketahui telah terjadi peristiwa kelam di rumah dinas Ferdy yang berada di Duren Tiga, Jakarta Timur pada 8 Juli 2022.

Pada peristiwa itu, Brigadir J ditemukan tewas bersimbah darah akibat ditembak. Sejak saat itu, berbagai teori dan spekulasi menyelimuti kasus ini.
(thm)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2147 seconds (11.252#12.26)