Gelar Demo Masak, Komunitas Warteg Bagikan Resep Masakan Nusantara

Kamis, 11 Mei 2023 - 17:22 WIB
loading...
Gelar Demo Masak, Komunitas Warteg Bagikan Resep Masakan Nusantara
Kowarteg menggelar demo masak yang diikuti ratusan warga di Babakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Rabu (10/5/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BOGOR - Komunitas Warung Tegal (Kowarteg) Indonesia terus turun ke masyarakat untuk memperkenalkan masakan Nusantara di beberapa daerah. Kali ini, mereka menggelar demo masak yang diikuti ratusan warga di Kabupaten Bogor.

Korda Kowarteg Jawa Barat Joko Dewo mengatakan pihaknya mengajak warga di sana untuk memasak menu Nusantara ala warteg."Sebenarnya, ibu-ibu di sini jago masak semua. Namun, kali ini kami ingin menyajikan ini lho masakan warteg yang sesungguhnya," katanya Di Babakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Rabu (10/5/2023).

Joko menuturkan, pihaknya kali ini memberikan resep masakan sambal goreng kentang dengan udang dan petai. Pihaknya terinspirasi dari masakan masyarakat pasundan yang menggemari petai dalam setiap masakannya.

Kowarteg Indonesia juga mendatangkan chef profesional sehingga warga bisa belajar menu masakan tersebut dengan baik. "Kami sajikan dengan menghadirkan chef yang jago memasak masakan dari warteg," jelasnya.

Dalam kegiatan ini, warga yang mayoritas ibu rumah tangga ini bersama chef mengolah bumbu-bumbu untuk membuat menu warteg ini. "Ternyata ibu-ibu antusias," lanjutnya.

Dalam demo masak ini, relawan Ganjar Pranowo ini juga membagikan peralatan dapur seperti wajah, panci, spatula, gelas, dan lainnya. Joko berharap setelah demo memasak ini, para warga bisa lebih sering memasak masakan Nusantara di rumah.

Dia juga meminta warga mulai mengurangi makanan instan atau siap saji. "Sekarang kan banyak produk instan. Anak-anak makan makanan instan. Kalau ibu-ibu terus diajarkan masakan ala rumah tangga dan diterapkan di rumah setiap hari, anak jadi mau makan masakan yang dimasak di rumah. Karena masakan ibu kan masakan penuh kasih sayang," jelasnya.

Muhata, peserta demo masak, bersyukur atas kehadiran Kowarteg Indonesia ini. Menurut dia, banyak manfaat yang diberikan sukarelawan tersebut.

"Alhamdulillah warga kami kedatangan Kowarteg Indonesia. Ada banyak manfaatnya, yaitu demo masak dan diberikan peralatan dapur untuk digunakan sehari-hari oleh ibu-ibu rumah tangga," katanya.

Menurut pria berusia 53 tahun ini, warganya mendapat pengalaman dan wawasan baru terkait masakan ala Warteg. "Kowarteg membagikan pengalaman memasak melalui demo masak ini kepada warga. Kami antusias sekali menyambutnya," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)