Ada Fenomena Bulan Purnama, Warga Pesisir Utara Jakarta Diminta Waspada Banjir Rob

Kamis, 04 Mei 2023 - 10:06 WIB
loading...
Ada Fenomena Bulan Purnama, Warga Pesisir Utara Jakarta Diminta Waspada Banjir Rob
BPBD DKI meminta warga di Jakarta Utara untuk mewaspadai fenomena bulan purnama yang berdampak banjir rob. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta masyarakat pesisir utara imbas fenomena fase bulan purnama periode 6-9 Mei 2023.

”Waspada banjir pesisir durasi 6-9 Mei 2023,” tulis laman Instagram @bpbddkijakarta dikutip, Kamis (4/5/2023).



”Adanya fenomena fase bulan purnama pada tanggal 5 Mei 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum,” tambahnya.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, diantaranya Pesisir utara DKI Jakarta.



”Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut," jelasnya.

Lebih lanjut, BPBD DKI meminta agar masyarakat pesisir dapat memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman:bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112.

Fenomena fase Bulan Purnamaterjadi pada Minggu (5/5/2023). Fenomena ini berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi banjir pesisiratau rob yang berpotensi terjadi di 20 wilayah pesisir Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)