Sambut Jemaah Salat Id 2023 di Balai Kota, Dishub DKI Siapkan Kantong Parkir dan Rekayasa Lalin

Jum'at, 21 April 2023 - 05:51 WIB
loading...
Sambut Jemaah Salat Id 2023 di Balai Kota, Dishub DKI Siapkan Kantong Parkir dan Rekayasa Lalin
Balai Kota DKI Jakarta. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) bakal melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) dan menyiapkan kantong parkir. Hal itu dalam rangka memberi kemudahan serta kenyamanan mobilitas jemaah yang hendak salat Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah di halaman Balai Kota Jakarta .

“Masyarakat tidak perlu khawatir dan bingung, kami sudah menyiapkan petugas sebanyak 76 personel dan lima mobil derek dalam pengaturan lalin pada kegiatan Salat Id di Balai Kota,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangannya, Jumat (21/4/2023).

“Kami imbau jika parkir di lokasi penuh, maka ikuti petunjuk petugas di lapangan demi kelancaran arus lalin dan kenyamanan bersama. Dimohon juga untuk tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat untuk kelancaran perjalanan bersama,” sambungnya.



Adapun rekayasa lalin yang akan dilakukan adalah:

1. Jalan Merdeka Selatan Sisi Selatan akan digunakan sebagai saf salat Idulfitri, sehingga dilakukan penutupan dan pengalihan lalu lintas yang dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat sampai dengan Traffic Light Patung Kuda;
2. Penutupan jalan akan dilakukan mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 08.30 WIB;
3. Sebagai upaya menghindari parkir on street di Jalan Medan Merdeka Selatan sisi Utara, maka dilakukan kanalisasi dengan menggunakan traffic cone; dan
4. Lalu lintas dari arah timur (Tugu Tani) menuju ke barat (Tanah Abang) yang semula menggunakan Jalan Merdeka Selatan sisi selatan dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Medan Merdeka Barat atau dapat melalui Jalan Abdul Muis.

Ada enam kantong parkir yang dapat digunakan di dalam area Balai Kota dan sekitar Balai Kota, yakni di Gedung Balai Kota DKI Jakarta untuk parkir VVIP, Gedung DPRD DKI Jakarta untuk parkir VIP, IRTI Monas, Stasiun Gambir, Silang Monas Barat Daya (Patung Kuda), dan Silang Monas Tenggara (Gambir).

Sementara itu, terkait layanan Bus Transjakarta pada 1 Syawal 1444 Hijriah, waktu operasional akan dimulai pada pukul 09.00 WIB pada rute sebagai berikut:
a.) 1A Balai Kota-PIK;
b.) Koridor 2 Pulo Gadung-Monas;
c.) 2A Pulo Gadung-Rawa Buaya;
d.) 5C PGC-Juanda; dan
e.) 7F Kampung Rambutan-Juanda.

“Diharapkan masyarakat menyesuaikan waktu perjalanan agar bisa sampai di lokasi dan mengikuti salat Idulfitri tepat pada waktunya. Sehingga kegiatan Salat Id di Balai Kota ini dapat berlangsung secara tertib dan nyaman,” tuturnya.

Sebagai informasi, pemerintah pusat menentukan 1 Syawal 1444 H melalui sidang isbat dan rukyah serta hisab. Adapun perayaan Idulfitri dilaksanakan pada Sabtu (22/4/2023).
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4164 seconds (0.1#10.140)