Akibat Longsor, Jembatan Cikereteg Bogor Belum Dapat Dilintasi Mobil Pemudik

Sabtu, 15 April 2023 - 13:58 WIB
loading...
Akibat Longsor, Jembatan Cikereteg Bogor Belum Dapat Dilintasi Mobil Pemudik
Polres Bogor menyatakan Jembatan Cikereteg di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Kabupaten Bogor, yang longsor belum bisa dilintasi kendaraan roda empat saat mudik Lebaran. Foto/MPI/Dok
A A A
BOGOR - Polres Bogor menyatakan Jembatan Cikereteg di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Kabupaten Bogor, yang longsor belum bisa dilintasi kendaraan roda empat saat mudik Lebaran mendatang. Pemilik mobil pribadi dan angkutan umum diminta untuk melintasi Tol Bocimi.

"Sampai saat ini kita hanya bergantung dengan jembatan bailey. Jadi hanya diizinkan melintas motor saja," ungkap Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranaga, Sabtu (15/4/2023).

Untuk kendaraan roda empat atau lebih diimbau menggunakan Tol Bocimi. Sehingga diharapkan, masyarakat bisa mengikuti arahan petugas agar tidak terjadi kepadatan di sekitar Jembatan Cikereteg.

"Jadi kita pastikan betul hanya kendaraan yang mampu dan diizinkan lewat. Jadi tidak sampai nanti di depan jembatan putar balik, akhirnya mengakibatkan kepadatan," ujarnya.


Dicky menuturkan, pihaknya sudah menyiapkan tiga pos penyekatan bagi kendaraan roda empat yang akan melintasi Jembatan Cikereteg. Apabila ditemukan kendaraan roda empat akan melintas, diminta untuk menggunakan jalur alternatif atau Tol Bocimi.

"Kita sudah siapkan ada 3 pos sekat untuk kondisi jalan terputus Jembatan Cikereteg, di Rancamaya, Simpang Ratna, dan Caringin," ucapnya.

Seperti diketahui, hujan dengan intensitas tinggi membuat Jembatan Cikereteg di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Kabupaten Bogor mengalami longsor susulan pada Senin 27 Februari 2023. Akibatnya jembatan tersebut ditutup sehingga semua kendaraan tidak bisa melintas dan dialihkan ke jalur lain.

Dari situ dibuatkan jembatan sementara atau bailey untuk kendaraan melintas secara bergantian. Tetapi, jembatan itu hanya digunakan untuk roda dua karena dikhawatirkan kondisi longsoran semakin meluas.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)