Polisi Beberkan Penyebab Macet di Jakarta yang Dikeluhkan Warganet

Selasa, 04 April 2023 - 10:02 WIB
loading...
Polisi Beberkan Penyebab Macet di Jakarta yang Dikeluhkan Warganet
Kemacetan di jalan Jakarta saat menjelang buka puasa atau pada sore hari. Foto: MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengklaim tidak ada kemacetan yang terjadi karena faktor aktivitas masyarakat yang kembali normal. Pasalnya, kemacetan disebabkan karena momen Ramadan membuat mobilitas jelang buka puasa semakin parah.

Hal itu disampaikan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat menanggapi keluhan warganet yang menyebut jalanan Jakarta makin macet saat bulan Ramadan. Kemacetan tidak hanya terjadi di jalan arteri namun juga tol.

"Kan karena aktivitas masyarakat, terus menjelang buka puasa kan gitu," kata Latif kepada wartawan, Selasa (4/4/2023).

Latif mengaku belum ada data perbandingan angka mobilitas kendaraan antara sebelum dan saat bulan Ramadan. Namun, kemacetan yang dirasakan pengendara saat ini lebih kepada saat jam berangkat dan pulang kerja

"Iya itu yang paling ini (jam berangkat dan pulang kerja). Karena ada peningkatan mobilitas masyarakat itu," katanya.



Dia menilai, kemacetan terjadi bukan karena adanya hambatan. Tetapi, kata dia, karena tingkat mobilitas masyarakat yang besar saat menjelang puasa.

"Bukan karena, misalnya yang menghalangi enggak ada (ganguan). Volume tinggi, aktivitas masyarakat tinggi itu aja," jelasnya.

Latif menyampaikan, pihaknya telah mencoba mengantisipasi kemacetan yang kerap terjadi di jalan Jakarta. Dia mengerahkan pasukan lebih awal, agar bisa memantau kondisi arus lalu lintas.

"Ya tentu, kita menggelar personel lebih awal. Sudah kita jalankan," terangnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)