Polres Metro Tangerang Kota Kerahkan Pasukan Bersihkan Masjid Jelang Ramadan

Selasa, 21 Maret 2023 - 21:39 WIB
loading...
Polres Metro Tangerang Kota Kerahkan Pasukan Bersihkan Masjid Jelang Ramadan
Menjelang Ramadan 1444 Hijriah, Polres Metro Tangerang Kota mengerahkan pasukan Polisi RW untuk membersihkan masjid dan musala di pusat kota hingga permukiman warga. Foto: Ist
A A A
TANGERANG - Menjelang Ramadan 1444 Hijriah, Polres Metro Tangerang Kota mengerahkan pasukan Polisi RW untuk membersihkan masjid dan musala yang berada di pusat kota hingga permukiman warga.

Salah satunya Masjid Jami Nurul Huda yang berada di tengah permukiman padat penduduk di RW 04 Kelurahan Sudimara Timur, Kota Tangerang, Selasa (21/3/2023).

“Bersenjatakan” sapu, kain pel, selang, ember, dan peralatan pembersih, petugas berseragam cokelat ini sigap membersihkan setiap sisi masjid yang dirasa kurang bersih.
Baca juga: Aksi Bersih-bersih 'Masjid Cemerlang' Sambut Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriyah

Pelaksana Harian (Plh) Kasat Binmas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Reza Pahlevi mengaku mendapatkan perintah langsung dari Kapolres Kombes Pol Zain Dwi Nugroho untuk membuat aman dan nyaman masjid yang akan digunakan warga selama Ramadan 2023.

“Pertama, kehadiran Polisi RW sejatinya bukan hanya membuat suasana aman namun juga senantiasa menciptakan atmosfer teduh, sejuk, dan nyaman bagi masyarakat, salah satunya turut menjaga kebersihan,” ujar Reza, Selasa (21/3/2023).

Melihat Polisi RW yang tak sungkan menyingsingkan lengan baju dan menggulung tinggi celana saat membersihkan masjid, beberapa warga langsung berbaur dengan petugas untuk membersihkan tempat ibadah bagi ratusan umat muslim di RW 04 Kelurahan Sudimara Timur.

“Dibantu pengurus masjid dan warga sekitar, kami yang ditemani Kanit Bin Kamsa AKP Setiyo dan anggota unit Binkamsa Polres Metro Tangerang Kota dapat lebih cepat membersihkan masjid sehingga tidak mengganggu waktu sholat,” kata Reza.

“Seperti yang Bapak Kapolres katakan, kami berharap gerakan ini membentuk kultur dan ekosistem baik di lingkungan warga. Satu hal yang harus diingat, kebersihan sebagian dari iman,” tambahnya.

Ketua RW 04 Kelurahan Sudimara Timur Anto Gaeg mengaku senang dengan inisiatif Polres Metro Kota Tangerang yang membersihan masjid di lingkungannya. “Insyaallah warga semakin khusyuk beribadah karena aman dan masjidnya kinclong banget,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Polres Metro Tangerang Kota mengukuhkan 1.320 personel sebagai Polisi RW agar lebih dekat dengan masyarakat, mendengar, mencatat untuk mencari solusi bersama terkait permasalahan kamtibmas.

"Polisi RW bisa mendengarkan langsung keluhan yang dirasakan masyarakat sekaligus mencari solusi yang tepat. Dengan demikian, permasalahan cepat tercatat dan terselesaikan," kata Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho di lapangan Polres Metro Tangerang Kota.

Keberadaan Polisi RW adalah bentuk kepolisian yang modern yang lebih mengedepankan kegiatan pencegahan (proactive policing).

Masyarakat bisa lebih cepat melapor ketika terjadi permasalahan di lingkungan, tapi tetap mengedepankan kerja sama dengan semua pihak seperti bhabinkamtibmas, babinsa, lurah, ketua RW, serta segenap tokoh masyarakat.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)