Bupati Zaki Minta Warga Kelapa Dua dan Pagedangan Beralih ke Layanan Air Bersih Perumdam TKR

Rabu, 15 Maret 2023 - 22:09 WIB
loading...
Bupati Zaki Minta Warga Kelapa Dua dan Pagedangan Beralih ke Layanan Air Bersih Perumdam TKR
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan reservoir dan pompa booster Perumdam TKR Jalan Raya Legok - Karawaci, Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (15/3/2023). Foto: Ist
A A A
TANGERANG - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan reservoir dan pompa booster Perumdam Tirta Kerta Raharja (TKR) Jalan Raya Legok - Karawaci, Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (15/3/2023).

Reservoir dan pompa booster di sekitar Sport Center Kabupaten Tangerang dilengkapi 4 pompa dengan kapasitas 400 liter per detik yang menjadi tempat penampungan sementara dari pengolahan air Perumdam TKR di Cikokol. Kemudian, dipompa kembali menggunakan 4 pompa booster untuk melayani pelanggan di wilayah pelayanan V Perumdam TKR.

Zaki mengapresiasi Perumdam TKR yang terus meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat. Kehadiran reservoir dan pompa booster di wilayah tersebut semakin memudahkan masyarakat di Dasana, Kelapa Dua, Binong, Sari Bumi, Medang Lestari mendapatkan akses air minum dan air bersih perpipaan.
Baca juga: Pemkab Tangerang Akan Pasang 9.000 Sambungan Air Bersih di Teluk Naga

"Tentu saja kehadiran fasilitas air bersih ini bisa menjawab dan memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga tidak perlu khawatir akan ketersediaan debit air karena fasilitas ini bisa menampung debit air 400 liter per detik," ujarnya.

Dengan terus ditingkatkannya layanan air bersih perpipaan melalui Perumdam TKR, Zaki juga berharap mengurangi penggunaan air bawah tanah yang masih masif di wilayah tersebut.

Direktur Utama Perumdam TKR Sofyan Sapar mengatakan, reservoir dan pompa booster tersebut untuk melayani wilayah yang ditargetkan sudah mencapai 7.619 pelanggan pada akhir Maret ini dari target 17.000 sambungan langsung (SL).

Adanya infrastruktur itu, masyarakat di Perumahan Dasana, Kelapa Dua, Binong, Sari Bumi, Medang Lestari segera beralih dari menggunakan air bawah tanah ke air bersih perpipaan yang disediakan perusahaan milik Pemkab Tangerang.

"Kami berharap masyarakat dan stakeholder lainnya segera menggunakan air PDAM karena penting buat kesehatan dan sanitasi masyarakat sekaligus investasi yang sudah dilaksanakan Perumdam TKR," kata Sofyan.

Data Perumdam TKR saat ini penggunaan air bawah tanah masih masif terjadi di wilayah Perumahan Dasana, Kelapa Dua, Binong, Sari Bumi, Medang Lestari.

"Penggunaan air bawah melalui sumur satelit di mana ada sekitar 1.040 unit di Perumahan Dasana, 640 unit di Binong yang dikelola KSM secara swakelola," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)