3 Dirut Transjakarta dengan Jabatan Tersingkat, Nomor 1 Cuma 2 Bulan lalu Dibidik KPK

Rabu, 15 Maret 2023 - 16:26 WIB
loading...
3 Dirut Transjakarta dengan Jabatan Tersingkat, Nomor 1 Cuma 2 Bulan lalu Dibidik KPK
Terdapat 3 Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dengan masa jabatan tersingkat, salah satunya M Kuncoro Wibowo. Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Terdapat 3 Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dengan masa jabatan tersingkat. Ironisnya, M Kuncoro Wibowo yang baru-baru ini mengundurkan diri dari Dirut Transjakarta dibidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kuncoro Wibowo hanya 2 bulan menjabat Dirut Transjakarta. Sebelum Kuncoro, pucuk pimpinan Transjakarta adalah Mochammad Yana Aditya.
Baca juga: 4 Perusahaan yang Pernah Dijalani Kuncoro Wibowo, Direktur Baru PT Transjakarta

Berikut 3 Dirut Transjakarta dengan masa jabatan tersingkat:

1. M Kuncoro Wibowo
Kuncoro Wibowo merupakan Dirut Transjakarta dengan masa pimpinan paling cepat. Dia diangkat oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada 11 Januari 2023.

Kemudian, Senin 14 Maret 2023 Kuncoro mengundurkan diri dari jabatannya. Setelah mundur, mantan Direktur di PT KAI ini dicegah bepergian ke luar negeri selama 6 bulan terhitung sejak 10 Februari 2023 oleh KPK. Bahkan, dikabarkan Kuncoro ditetapkan tersangka kasus dugaan korupsi Bansos.

2. Sardjono Jhony Tjitrokusumo
Sardjono Jhony Tjitrokusumo diangkat menjadi Dirut Transjakarta pada 29 Mei 2020. Namun, belum tepat 1 tahun menjalankan kepemimpinannya, Sardjono Jhony meninggal dunia pada 3 Oktober 2021.

Sebelum memimpin Transjakarta, Jhony pernah menjabat Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura 1 sejak 2017-2020. Jhony dikenal pimpinan yang inspiratif, visioner, dan gigih dalam berjuang.

Dikutip transjakarta.co.id, sebelum meninggal dunia dia baru saja meluncurkan uji coba satu bus listrik pada 10 September 2021 yang bekerja sama dengan PT Higer Maju Indonesia (HMI).

3. Mochammad Yana Aditya
Mochammad Yana Aditya resmi menjadi Dirut Transjakarta pada 8 November 2021. Yana juga pernah menjabat Direktur Utama PT Perikanan Nusantara (Persero). Dia mulai memimpin BUMN itu sejak Juni 2019 hingga dicopot pada Juli 2020.

Baru satu tahun memimpin Transjakarta, Yana diganti oleh Kuncoro Wibowo. Pergantian Yana sebagai Dirut Transjakarta telah sesuai prosedur Keputusan Para Pemegang Saham (KPPS) di luar RUPS.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)