Asal Muasal IMB Kawasan di Tanah Merah, Permukiman Warga Korban Kebakaran Pertamina Plumpang

Rabu, 08 Maret 2023 - 15:57 WIB
loading...
Asal Muasal IMB Kawasan di Tanah Merah, Permukiman Warga Korban Kebakaran Pertamina Plumpang
Ternyata ada asal muasal terbitnya IMB Kawasan di Tanah Merah, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara yang permukimannya menjadi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Ternyata ada asal muasal terbitnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Kawasan di Tanah Merah, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara yang permukimannya menjadi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang . IMB diterbitkan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada tahun 2021.

Penerbitan IMB di kawasan Tanah Merah menjadi IMB berbentuk kawasan pertama di Indonesia. IMB diterbitkan untuk satu RT dalam kawasan tersebut.
Baca juga: Pengungsi Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Berharap Penambahan Toilet Bersih

“IMB untuk satu kawasan bukan diberi per bangunan melainkan diberikan per RT. Satu RT dalam satu kawasan ini yang pertama kali di Indonesia. Ada IMB berbentuk kawasan,” ujar Anies di Tanah Merah, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, pada 16 Oktober 2021.

Menurut dia, IMB Kawasan merupakan solusi dari Pemprov DKI terkait persoalan yang dihadapi masyarakat dalam mengakses perizinan bangunan.

“Ini merupakan jalan tengah yang kita ambil guna menyelesaikan masalah bangunan di tanah yang status legalnya belum tuntas, tapi mereka faktanya ada di sini sudah puluhan tahun,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Anies menyerahkan sertifikat IMB secara simbolis kepada perwakilan warga Tanah Merah. Pemprov DKI berdiskusi mencari solusi hingga akhirnya muncul ide IMB untuk satu kawasan.

Selain menyerahkan secara simbolis IMB untuk satu kawasan, dia juga mendirikan sejumlah infrastruktur di Tanah Merah seperti saluran air dan Jembatan Kali Betik.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)