17 Kecamatan Diterjang Banjir, Bekasi Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

Rabu, 01 Maret 2023 - 12:00 WIB
loading...
A A A
“Informasi ini harus segera disampaikan, agar masyarakat yang berada di daerah hilir bisa langsung melakukan evakuasi mandiri sebelum banjir melanda. sehingga bisa menyelamatkan diri. Kuncinya, jangan sampai ada korban jiwa,” tegasnya.

Dani mendorong tim komando bisa memberikan arahan agar masyarakatmampu navigasi. Atau, masyarakat bisa lebih aktif misalnya membersihkan saluran air dari sampah, memperkuat bangunan terutama di titik rawan longsor.



Selain itu, warga masyarakat harus mengaktifkan kembali tanda bahaya seperti bel atau kentongan. Berikutnya, Dani menambahkan, ketika terjadi bencana tim komando harus cepat tanggap. Untuk tim yang di desa – desa rawan bencana, semua harus standby 24 jam.

Tidak sampai disitu, Dani berpesan, untuk warga yang berada di titik banjir agar disiapkan titik evakuasi. Dibantu oleh Camat dan unsure polri agar mengamankan jalur evakuasi. Evakuasi sendiri, diprioritaskan bagi lansia anak- anak, balita, dan difabel.

“Baik saat banjir semata kaki, sebetis agar prioritas keselamatan warga jadi prioritas, ditempatkan di tempat yang memadai. Suplai kebutuhan makanan, minuman, dan mck yang baik. Selama ini status tanggap darurat kebutuhan pokok agar terpenuhi,” tukasnya.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)