Rutin Gelar Bazar UMKM, Meikarta Bantu Pemkab Bekasi Atasi Pengangguran

Kamis, 23 Februari 2023 - 15:32 WIB
loading...
Rutin Gelar Bazar UMKM, Meikarta Bantu Pemkab Bekasi Atasi Pengangguran
Meikarta juga turut membantu pemerintah daerah mengatasi masalah pengangguran melalui perluasan kesempatan kerja. Foto: SINDONEWS/Dok
A A A
BEKASI - Meikarta menegaskan komitmennya memberikan manfaat besar bagi masyarakat sekitar, pelaku usaha kecil, hingga pengunjung. Selain menggerakkan roda perekonomian warga, Meikarta juga turut membantu pemerintah daerah mengatasi masalah pengangguran melalui perluasan kesempatan kerja.

Hal ini dilakukan melalui sejumlah event dan usaha perniagaan di masa pemulihan ekonomi nasional. Salah satunya di kawasan Central Park Meikarta. Berbagai kegiatan, seperti acara otomotif bertaraf nasional, serta bazar produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus digelar di area yang berlokasi di Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, itu.



"Total pegawai kami ada 20 orang. Semuanya memang kami alokasikan untuk warga lokal sehingga warga sekitar sini juga merasakan dampak positif," ujar Pengelola Wahana Permainan Central Park Meikarta, Nurhalim Saputra, di Cikarang, Kamis (23/2/2023).

Dia mengaku optimalisasi penyerapan tenaga kerja lokal ini sejalan dengan kebijakan Pemkab Kabupaten Bekasi dalam upaya mengentaskan kemiskinan, melalui perluasan kesempatan kerja bagi warga lokal agar tidak menjadi pengangguran.

Selain menyerap tenaga kerja lokal, masyarakat sekitar yang mendirikan stan di dalam kawasan juga merasakan keuntungan. "Apalagi kalau ada acara, masyarakat yang mau buka stan di dalam area akan kami berikan keringanan, biaya sehingga perekonomian masyarakat ikut terdongkrak," katanya.

Pengelola area kuliner pedagang UMKM Central Park Meikarta H Sagif menjelaskan, area tempat makan di sekitar lokasi juga turut membantu menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Saya kelola dari tahun 2018. Memang areafood courtkami prioritaskan untuk warga lokal di sekitar Central Park Meikarta. Total ada 26 pedagang. Begitu pula pegawai yang berjumlah 65 orang, semua warga asli Kabupaten Bekasi," kata H Sagif.

Keberadaan Central Park Meikarta juga berdampak pada keamanan dan ketertiban lingkungan. Tindak kriminalitas semakin berkurang dikarenakan acara-acara yang digelar dikunjungi banyak anak muda.

"Keberadaan Central Park Meikarta sendiri membuat lingkungan sekitar jadi kondusif dan aman. Jadi pusat kegiatan anak-anak muda untuk melakukan hal-hal positif. Tentu saja ini membantu meringankan tugas kepolisian dalam meminimalisir tindak kriminalitas," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)