Hujan Deras, Longsor Timpa 4 Rumah di Cigombong Bogor

Senin, 20 Februari 2023 - 13:46 WIB
loading...
Hujan Deras, Longsor Timpa 4 Rumah di Cigombong Bogor
Empar rumah rusak berat diterjang longsor di Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Foto/Istimewa
A A A
BOGOR - Longsor terjadi di Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian ini, hanya empat rumah milik warga mengalami rusak berat.

Staff Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Jalaludin mengatakan peristiwa itu terjadi pada Minggu 19 Februari 2023. Longsor disebabkan curah hujan tinggi ditambak tidak ada saluran air.



”Telah terjadi longsor pada tebingan (TPT) teras dan kamar dengan posisi rumah yang berdempetan dikarenakan hujan kurun waktu cukup lama ditambah tak adanya saluran pembuangan air membuat tanah berada di atasnya gembur,” kata Jalal, Senin (20/2/2023).

Longsoran itu memiliki panjang sekitar 10 meter dengan tinggi 8 meter. Dalam kejadian ini, terdampat 4 rumah milik warga yang dihuni 4 KK dengan 17 jiwa mengalami kerusakan berat. “Ada juga dua rumah yang terancam,” jelasnya.



Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian ini. Hanya saja warga yang rumahnya rusak berat mengungsi sementara ke sanak saudaranya. ”Korban jiwa nihil,” tambah Jalal.

Saat ini, material longsoran belum dibersihkan karena di lokasi masih rawan longsor. Untuk sementara, petugas memasang terpal di lokasi kejadian. Hasil analisa anggota di lokasi perlu penangan lebih lanjut dari dinas terkait mengingat kondisi tanah yang masih labil.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)