Profil AKBP Iman Imanuddin, Alumni Akpol 2002 yang Jabat Kapolres Bogor

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:31 WIB
loading...
Profil AKBP Iman Imanuddin, Alumni Akpol 2002 yang Jabat Kapolres Bogor
AKBP Iman Imanuddin salah seorang perwira menengah Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - AKBP Iman Imanuddin salah seorang perwira menengah Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Saat ini, dia tercatat tengah mengemban amanat sebagai Kapolres Bogor .

AKBP Iman Imanuddin lahir di Majalengka, Jawa Barat pada 5 Mei 1979. Dalam riwayatnya, dia diketahui sebagai alumni SMA Taruna Nusantara dan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2002.

Selain itu, pria kelahiran Majalengka ini juga pernah menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), jenjang S2 di Universitas Padjadjaran (Unpad), serta S3 di Universitas Islam Bandung (Unisba).

Baca juga : Teror Penculikan Anak di Bogor Bikin Panik, Kapolres: Itu Hoaks

Melihat pangkatnya, Iman saat ini berstatus sebagai AKBP alias Ajun Komisaris Besar Polisi. Melihat kategorinya, pangkat AKBP ini masuk dalam urutan Perwira Menengah (Pamen) Polri.

Pangkat tersebut memiliki simbol berupa dua bunga melati emas. Satu tingkat di atas Komisaris Polisi (Kompol), serta setingkat di bawah Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol).

Beralih ke riwayat jabatannya, AKBP Iman Imanuddin telah banyak bertugas di berbagai wilayah sebagai anggota Polri. Sejumlah jabatan yang pernah disemat di antaranya adalah Kapolsek Cikampek, Kasat Reskrim Tasikmalaya, Kasat Reskrim Polres Bogor, hingga Kasat Reskrim Polres Karawang.

Setelahnya, Iman beralih tugas sebagai Kanit II Subdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri, Kapolres Tangerang Selatan Polda Metro Jaya (2020), hingga Kapolres Bogor yang kini masih aktif dijabatnya.

Baca juga : Mutasi Polri, Lulusan Terbaik Akpol 2001 Jabat Kapolres Bogor Kota

AKBP Iman Imanuddin dimutasi menjadi Kapolres Bogor pada tahun 2021. Ketentuan tersebut didasarkan atas mutasi sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) di lingkungan Polri sesuai Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/2569/XII/KEP/2021 dan ST/2567/XII/KEP/2021 yang keluar tanggal 17 Desember 2021.

Pada tugasnya tersebut, Iman yang sebelumnya menjabat Kapolres Tangerang Selatan menggantikan AKBP Harun yang turut dimutasi menjadi Wakapolres Metro Jakarta Selatan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)