Jelang KTT ASEAN, DKI Minta Proyek Galian di Sudirman-Thamrin Disetop Sementara

Kamis, 26 Januari 2023 - 11:37 WIB
loading...
Jelang KTT ASEAN, DKI Minta Proyek Galian di Sudirman-Thamrin Disetop Sementara
Pemprov DKI Jakarta meminta sejumlah kontraktor menghentikan sementara proyek galian di jalan protokol Ibu Kota jelang KTT ASEAN.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta meminta sejumlah kontraktor menghentikan sementara proyek galian di jalan protokol Ibu Kota salah satunya Jalan Sudirman-Thamrin. Sebab, Jakarta akan menjadi tuan rumah KTT ASEAN pada September 2023 mendatang.

“Gali menggali itu mungkin bisa bulan ini sampai bulan depan. Tapi, nanti menuju September tidak ada lagi galian,” ungkap Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho kepada awak media di Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Adapun jalan protokol yang dimaksud di antaranya Jalan Thamrin, Jalan Sudirman, Jalan Gatot Subroto, hingga ruas jalan menuju Bandara Soetta yang merupakan akses jalan yang dilewati tamu negara KTT ASEAN.

Sedangkan kontraktor yang mengerjakan sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT) atau kabel bawah tanah di kawasan lain tetap diperbolehkan.

“Misalnya di pinggiran timur, atau pinggiran barat, silakan saja tapi kalau jalan protokol sudah kami larang dulu,” ucap Hari.
Sebelumnya, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melakukan kunjungan lapangan bersama Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi untuk meninjau persiapan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN tahun 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Dalam kunjungan tersebut, Heru bersama Menlu Retno berbincang-bincang membahas kesiapan ruangan di gedung JCC yang akan digunakan untuk KTT ASEAN tahun 2023. Keduanya meninjau sejumlah ruangan yang berada di JCC, seperti Balai Pertemuan (Assembly Hall), Ruang Sidang (Plenary Hall), Ruang Cendrawasih, Ruang Pameran (Exhibition Hall), hingga ke area parkiran.

Heru mengatakan bersama Menlu Retno meninjau beberapa fasilitas yang akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan pertemuan para pemimpin negara-negara di kawasan ASEAN tersebut. Ia ingin memberikan pelayanan terbaik bagi para delegasi KTT ASEAN.

"Indonesia sebagai tuan rumah, khususnya Pemprov DKI Jakarta, karena venue KTT ASEAN tahun 2023 ada di Kota Jakarta, tentunya ingin memberikan pelayanan yang terbaik. Kita ingin menampilkan yang terbaik. Menyusul suksesnya KTT G20 di Bali pada tahun 2022," kata Heru di Jakarta, Kamis (12/1/2023).
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2352 seconds (0.1#10.140)