Kecamatan Cibodas Gandeng Disnaker Tangerang Tekan Angka Stunting

Rabu, 25 Januari 2023 - 21:58 WIB
loading...
Kecamatan Cibodas Gandeng Disnaker Tangerang Tekan Angka Stunting
Kecamatan Cibodas Kota Tangerang tingkatkan kesejahteraan para orang tua dan anak berstatus stunting. Foto/Istimewa
A A A
TANGERANG - Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan dan DP3AP2KB, dalam peningkatan kesejahteraan para orang tua, serta anak berstatus stunting.

Camat Cibodas, Buceu Gartina mengatakan, bentuk kerja sama dengan memberikan pekerjaan baru, maupun pelatihan agar mampu meningkatkan usaha secara mandiri. Baca juga: Wali Kota Tangerang Sebut Kasus Balita Stunting Perlu Intervensi Terintegrasi

”Indikator stunting bukan pada urusan kesehatan saja. Tetapi juga kemiskinan dan lingkungan sekitar. Makanya kita bekerja sama dengan pihak swasta agar masalah kemiskinan dapat diatasi melalui terpenuhinya pekerjaan,” kata Buceu, Rabu (25/1/2023).

Dijelaskan dia, di Kecamatan Cibodas, terdapat 40 kasus stunting dengan rincian, yakni delapan anak stunting, 25 stunted, dan gizi kurang ada tujuh orang yang tersebar di 25 RW dari enam kelurahan.

Berbagai upaya telah dilakukan Kecamatan Cibodas, di antaranya penyaluran bantuan makanan bergizi seperti susu dan biskuit. Kemudian melakukan kegiatan profiling terhadap anak yang stunting.

”Selain itu, kami juga memberikan bantuan dari donasi pegawai Kecamatan Cibodas yang diberikan kepada 9 keluarga stunting yang termasuk dalam kriteria tidak mampu, dan belum masuk dalam data DTKS,” jelasnya.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, langkah awal dalam penanganan stunting harus dimulai dari sosialisasi yang baik kepada masyarakat tentang pemahaman definisi stunting.

”Kegiatan yang dilakukan oleh Kecamatan Cibodas merupakan terobosan yang baik, karena melalui pendekatan kepada setiap personal dengan memetakan kebutuhan,” paparnya.

Supaya jangkauan sosialisasinya lebih luas, maka jumlah kadernya harus ditambah. Agar masyarakat tahu apa itu stunting, seperti apa gejala dan kondisinya ke anak-anak. Baca juga: Cegah Stunting, PIK 2 Hadirkan Si Melon di Teluk Naga Tangerang

”Bukan hanya orang tua yang diberi pemahaman, anak-anaknya juga harus diberi pengetahuannya. Selain pemberian gizi yang cukup melalui makanan, olahraga menjadi faktor penting penanganan stunting,” tukasnya.
(ams)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1470 seconds (10.55#12.26)