Bukan Pilpres, Ridwan Kamil Akui Peluang Manggung di Pilgub Jakarta Lebih Besar

Sabtu, 21 Januari 2023 - 05:08 WIB
loading...
Bukan Pilpres, Ridwan Kamil Akui Peluang Manggung di Pilgub Jakarta Lebih Besar
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengenakan jaket Partai Golkar kepada Ridwan Kamil di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Rabu, (18/1/2023). Foto/MPI/Yulianto
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkapkan, banyak peluang yang bisa diambil setelah dirinya resmi bergabung dengan Partai Golkar . Peluang tersebut di antaranya maju di Pilgub Jabar untuk periode kedua hingga manggung di Pilgub DKI Jakarta.

Bahkan, menurutnya, maju di Pilgub DKI Jakarta lebih memungkinkan. Hal itu mengacu pada hasil survei dari berbagai lembaga survei. "Pilihan-pilihan itu banyak, Jawa Barat juga baik, DKI survei bagus, Jadi DKI masih sangat memungkinkan dan survei juga bagus," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (20/1/2023).

Meski begitu, orang nomor satu di Jabar itu menyatakan bahwa keputusan dan langkah politiknya tidak akan diputuskan dalam waktu dekat. Pasalnya, saat ini dirinya akan lebih fokus memenangkan Partai Golkar di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 baik di Jabar maupun nasional.





"Tapi keputusan tidak sekarang, apa pun yang diarahkan sesuai kondisi, potensi pasti dipertimbangkan. Pokoknya karena saya sudah berlabuh ke partai, fokus memenangkan partai dulu di 2024," tegasnya.

Diketahui, sebelum resmi berbaju Golkar, Ridwan Kamil kerap disebut-sebut sebagai bakal capres dan cawapres di Pilpres 2024. Bahkan, namanya selalu masuk dalam radar lembaga survei terkait capres dan cawapres potensial.

Sebelumnya, pengamat politik Unpad Muradi mengatakan, Ridwan Kamil memiliki tiga opsi menjalang Pemilu 2024. Opsi pertama, kata Muradi, maju sebagai capres meski peluangnya sangat tipis. Opsi kedua, maju sebagai cawapres dengan catatan Ridwan Kamil harus memiliki kendaraan politik dan logistik.



"Dua itu dulu aja yang dia harus siapkan. Kalau dia enggak ada, risikonya dia baru bisa masuk di jalur yang lain," kata Muradi dalam Diskusi Peta Politik Wilayah Jawa Barat Menjelang Pilpres 2024 yang digelar IPRC di Anatomi Coffee & Space, Jalan Merdeka Nomor 64, Kota Bandung, Senin (19/12/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2025 seconds (0.1#10.140)