Atasi Banjir, Pj Gubernur Heru Siapkan Turap Kali Pesanggrahan Sepanjang 1.400 Meter

Kamis, 19 Januari 2023 - 13:45 WIB
loading...
Atasi Banjir, Pj Gubernur Heru Siapkan Turap Kali Pesanggrahan Sepanjang 1.400 Meter
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi saat meninjau Kali Pesanggrahan, Jalan Briti B, Kembangan Selatan, Jakarta Barat, Kamis (19/1/2023). Foto: MPI/Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan menormalisasi Kali Pesanggrahan , Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Kali Pesanggrahan akan dibuatkan turap atau sheet pile sepanjang 1.400 meter.

Hal ini untuk mengantisipasi banjir yang kerap merendam permukiman warga. Wilayah sekitar kerap dilanda banjir saat hujan deras melanda maupun kiriman dari Bogor.



"Tahun 2023 kita mengamankan (menormalisasi) salah satu area yang sering banjir dan meluap sampai ke perempatan Puri-Kedoya," ujar Heru di Kali Pesanggrahan, Jalan Briti B, Kembangan Selatan, Jakarta Barat, Kamis (19/1/2023).

"Sesuai dengan data yang ada, kurang lebih panjangnya 1.400 meter, dan alur yang kita selamatkan sesuai dengan eksisting, sehingga sisi Timur itu 795 meter dan sisi Baratnya 605 meter. Nanti di area sini sampai dengan tol lampu merah (Jalan Puri-Kedoya) di sana dapat mengurangi banjir," tambahnya.

Heru menargetkan proyek normalisasi Kali Pesanggrahan rampung akhir tahun 2023. Ia meminta warga untuk membantu bergeser apabila ada bangunan yang terdampak akibat normalisasi sepanjang 1.400 meter tersebut.



"Saya juga minta warga untuk memahami, membantu bergeser men-support. Tentunya kan ada bangunan yang terkena," bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal menyebutkan, normalisasi yang dilakukan dengan penguatan tanggul, konstruksi sheet pile, bronjong, dan lain-lain.

Anggaran konstruksi normalisasi Kali Pesanggrahan sepanjang 1.400 meter itu sebesar Rp40 miliar. Anggaran saat ini sudah masuk tahap lelang dan berharap Maret atau April tahun 2023 sudah dapat dimulai.

"Kalau lancar mudah-mudahan Maret atau April sudah mulai," ucap Yusmada.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2946 seconds (0.1#10.140)