Perbedaan BRT dan Non-BRT yang Harus Diketahui Penumpang Transjakarta

Selasa, 22 November 2022 - 17:46 WIB
Terdapat perbedaan Bus Rapid Transit (BRT) dan Non-BRT yang harus diketahui penumpang bus Transjakarta. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Terdapat perbedaan Bus Rapid Transit (BRT) dan Non-BRT yang harus diketahui penumpang bus Transjakarta . Perbedaan itu bisa dilihat dari jalur dan jangkauannya.

Berikut perbedaan BRT dan dan Non-BRT:

Baca juga: Rute Lengkap Bus Transjakarta Tujuan Jakarta-Bekasi

1. Jalur

Layanan BRT mempunyai jalur khusus yang terpisah dari kendaraan publik lainnya. BRT ini mendeskripsikan sebuah transportasi dengan berkapasitas tinggi atau biasa disebut right of way.



Kecepatan transit yang dimiliki BRT rata-rata 19-48 km/jam sesuai pengemudi yang mengoperasikan bus tersebut. Fitur utama yang dimiliki BRT adalah jalur khusus di mana jalur tersebut bebas dari mobil pribadi. Hal ini membuat bus dioperasikan dengan kualitas tinggi.

Sementara, Non-BRT merupakan layanan Transjakarta yang melayani penumpangnya di jalur umum. Hal tersebut bertujuan agar menjangkau masyarakat agar lebih banyak menggunakan transportasi publik.

2. Jangkauan

Transjakarta yang merupakan jejaring BRT terbesar di dunia memiliki panjang koridor 2.309 km yang menghubungkan sejumlah titik di Jakarta. Kelebihan yang dimiliki BRT adalah memberikan kenyamanan dengan tarif yang relatif murah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More