Rumah Ambruk Tergerus Luapan Kali Cikarang

Selasa, 15 November 2022 - 20:32 WIB
Luapan Kali Cikarang memicu tanah ambles di Kampung Kali Jeruk, Desa Kalijaya, Kabupaten Bekasi, Selasa (15/11/2022). Foto: MPI/Ade Suhardi
BEKASI - Luapan Kali Cikarang memicu tanah ambles di Kampung Kali Jeruk, Desa Kalijaya, Kabupaten Bekasi, Selasa (15/11/2022). Tanah ambles sepanjang 60 meter ini memaksa satu keluarga mengungsi akibat kondisi tanah terus bergerak.

Rumah terdampak tanah ambles berada tepat di pinggir Kali Cikarang. Tanah ambles sedalam 20-50 cm memicu kerusakan di bagian depan rumah.

"Ada suara dari atas plafon, ketika saya periksa ternyata internit jatuh. Ketika saya keluar suara tembok kayak bergerak mau roboh di bagian depan," ujar Iyan Pujianto (45), adik ipar pemilik rumah di Cikarang, Bekasi, Selasa (15/11/2022).

Baca juga: Pergerakan Tanah di Bogor, Belasan Rumah Terancam Ambles

Sebelum rumah ambruk, dia bersama warga berinisiatif mengevakuasi barang-barang berharga yang berada di dalamnya. Saat kejadian pemiliknya tidak berada di rumah. "Pas saya lagi bongkar instalasi listrik rumah ini langsung ambruk," ucapnya.



Kepala Desa Kalijaya Dede Sulaiman mengatakan, tanah ambles di bantaran Kali Cikarang akibat debit air yang mengalir kencang sehingga mengakibatkan rumah tersebut ambruk.

Beruntung tidak ada korban jiwa. Sementara, pemilik rumah yang terdiri dari empat kepala keluarga diungsikan ke tempat yang lebih aman.
(jon)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More