Terminal Kalideres Didominasi Pemudik Jabar, Puncak Arus Balik Diprediksi H+7 Lebaran

Sabtu, 07 Mei 2022 - 07:20 WIB
Kepala Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres, Revi Zulkarnaen mengklaim puncak arus balik yang terjadi di Terminal Kalideres, Jakarta Barat akan terjadi 7 hari usai Lebaran. Foto/ANTARA
JAKARTA - Kepala Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres, Revi Zulkarnaen mengklaim puncak arus balik yang terjadi di Terminal Kalideres , Jakarta Barat akan terjadi 7 hari usai Lebaran. Hal itu, dikarenakan pemudik yang kembali masih berasal dari beberapa wilayah di Jawa Barat.

Revi mengatakan berdasarkan catatan yang diperoleh, penumpang yang memadati kawasan Terminal Kalideres untuk arus balik masih tercatat berjumlah ratusan yang berasal dari wilayah Jawa Barat.

"Untuk arus balik penumpang di Terminal Bus AKAP Kalideres sampai saat ini memang belum waktuknya. Kalaupun ada jumlahnya baru ratusan itu pun dari Provinsi Jawa Barat, seperti Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, Kuningan, dan Provinsi Banten," ujar Revi dikutip MPI dalam laman barat.jakarta.go.id, Sabtu (7/5/2022).

Lebih lanjut, Revi menuturkan nantinya puncak arus balik akan terjadi H+7 hingga H+9 Lebaran. Menurutnya, pada saat itu mulai terjadi lonjakan pemudik yang membanjiri kawasan Terminal Kalideres yang berasal Jawa Tengah dan Sumatera serta sedikit dari Jawa Timur.

"Untuk Terminal Bus AKAP Kalideres puncak arus balik diprediksi mulai H+7 sampai H+9, sekitar belasan ribu penumpang dari Jawa Tengah dan Sumatera," jelasnya.



Sebelumnya, dari data yang diberikan Revi, jumlah kedatangan penumpang mulai H+1 hingga H+3 Lebaran sebanyak 1.524 penumpang. Dengan rincian, H+1 sebanyak 102 bus yang diisi 367 penumpang, kemudian H+2 sebanyak 141 bus yang diisi 506 penumpang, dan H+3 sebanyak 79 bus yang diisi 651 penumpang.
(kri)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More