10 Strategi Membentengi Diri dari Kejahatan

Minggu, 26 April 2020 - 08:28 WIB
Di saat pemerintah menerapkan PSBB di berbagai wilayah, masih ada oknum yang memanfaatkan situasi ini untuk melalui aksi kejahatan. Ancaman kejahatan membayangi masyarakat. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
Di saat pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai wilayah, masih ada oknum yang memanfaatkan situasi ini untuk melalui aksi kejahatan. Walhasil, ancaman kejahatan membayangi masyarakat, terlebih mereka yang beraktivitas di luar rumah. Berikut cara –cara yang bisa dilakukan masyarakat agar terhindar dari aksi kejahatan di luar rumah versi survei Litbang KORAN SINDO.

1. Tidak menggunakan perhiasan



Untuk menghindari aksi kejahatan, mayoritas responden memilih untuk tidak menggunakan perhiasan saat berjalan keluar rumah. Perhiasan dapat memancing orang berbuat jahat, terlebih saat ini perekonomian sedang tidak menentu.

2. Mencari jalan yang ramai







Tempat sepi kerap menjadi tempat ideal untuk melakukan tindak kejahatan. Karena sepi, korban berada dalam posisi sendirian sehingga penjahat lebih leluasa menjalankan aksinya.

3. Menghindari daerah-daerah rawan
Halaman :