Ngeri! Markas Brimob Diserbu Pemberontak yang Menyamar Pasukan Resimen Pelopor

Rabu, 23 Maret 2022 - 16:35 WIB
Resimen Pelopor bersiap melaksanakan patroli tempur di Sungai Hiu, Aceh bersama pasukan Marinir Alugoro I. Foto: Koleksi AKBP (Purn) St Satam/buku Resimen Pelopor (Edisi Revisi), Pasukan Elite Yang Terlupakan
JAKARTA - Pertengahan tahun 1961 markas Brimob Kompi 5116 di Medangara, Kuala Simpang Aceh begitu mencekam. Pagi itu, Pasukan Tentara Islam Indonesia (TII) Daud Beureuh menyerang menggunakan strategi yang amat berani yakni menyamar sebagai anggota Resimen Pelopor Brigade Mobil.

Sebagaimana dikisahkan dalam buku Resimen Pelopor (Edisi Revisi), Pasukan Elite Yang Terlupakan, penulis Anton Agus Setyawan dan Andi M Darlis, Januari 2013, gerombolan pemberontak memakai truk yang sudah dicat menyerupai truk militer lengkap dengan bendera Merah Putih dan lambang Brimob.

Seragam yang dikenakan pasukan TII juga sama dengan Brimob lengkap helm tempur. Seragam Brimob waktu itu mirip seragam TNI yaitu hijau hanya lebih muda.

Baca juga: Mantan Kapolri Menangis, Pasukan Resimen Pelopor Brimob Keheranan

Petugas Brimob yang berada di pintu penjagaan tidak menyangka bahwa pagi itu adalah hari terakhir dalam hidup mereka. Ketika gerombolan pemberontak penyerbu sudah mendekat barulah petugas jaga menyadari bahwa mereka bukan anggota Brimob. Sayang, kesadaran itu datang terlambat.



Musuh keburu membidikkan senjata dan menembak. Situasi menjadi kacau karena terjadi tembak-menembak dalam jarak dekat.



Pasukan Ranger Kompi 5994 dalam Operasi Militer menumpas DI/TII Aceh tahun 1961. Foto: Koleksi penulis Anton Agus Setyawan dan Andi M Darlis, buku Resimen Pelopor (Edisi Revisi), Pasukan Elite Yang Terlupakan

Mereka yang selamat pagi itu adalah yang sedang mandi, mencuci, dan buang air di sungai terdekat. Para prajurit Brimob ini terkejut mendengar suara tembakan gencar di markas kompi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More