Hujan Deras, 9 Titik di Kota Tangerang Tergenang Banjir

Kamis, 17 Maret 2022 - 21:17 WIB
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang mencatat ada sebanyak sembilan titik tergenang banjir pada Kamis (17/2/22).Foto/MPI/Isty Maulida
TANGERANG - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang mencatat ada sebanyak sembilan titik tergenang banjir pada Kamis (17/2/22). Hal ini terjadi usai hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut sejak siang.

Genangan air paling banyak terjadi di wilayah Timur, seperti Kecamatan Larangan, Ciledug, Karang Tengah dan lainnya dengan ketinggian mulai 20 cm hingga 40 cm. Kabid Operasi dan Pemeliharaan Dinas PUPR Kota Tangerang, Dody Adriansyah mengungkapkan, hingga saat ini sebanyak 150 petugas diturunkan, untuk cepat tanggap menangani genangan.

“Sampai saat ini, petugas kami turunkan di sembilan titik. Empat diantaranya sudah kembali pulih atau normal untuk aktivitas masyarakat. Saat ini, petugas kami menangani wilayah Timur seperti Ciledug dan Larangan, pompa portable juga tengah kita kerahkan," ungkap Dody pada Kamis (17/3/2022).

Dody menuturkan, kendala penanganan saat ini ialah genangan yang terjadi di jalan besar. Sehingga, saat petugas melakukan penyedotan atau pembersihan drainase akan menganggu proses lalu lintas hingga mengakibatkan kemacetan.

“Persoalannya sama, yaitu drainase yang tersumbat dengan sampah-sampah yang berserakan bukan pada tempatnya. Dengan itu, PUPR bekerja sama dengan DLH dan BPBD untuk proses pembersihan drainase angkat-angkat sampah,” tuturnya.



Dody menegaskan, genangan yang terjadi beberapa hari ini, tidak bisa menjadi tanggung jawab satu dua pihak semata. Namun, menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah Kota Tangerang, stakeholder terkait hingga khususnya masyarakat setempat.

“Membuang sampah pada tempatnya bukan hanya imbauan semata. Tapi menjadi bukti nyata bahwa efek buang sampah sembarangan, menjadi genangan hingga banjir bisa terjadi dimana-mana. Jadi ayo lebih peduli untuk membuang sampah pada tempatnya, drainase, alat pompa dan lainnya juga akan terus dimaksimalkan,” katanya.
(hab)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More