4 Kasus Penggusuran Terheboh Zaman Ahok, Nomor 2 Sarang Prostitusi

Rabu, 23 Februari 2022 - 11:02 WIB
Alasan utama penertiban karena kawasan Kalijodo masuk jalur hijau. Daerah bantaran sungai itu berstatus tanah negara dan akan dikembalikan fungsinya sebagai ruang terbuka hijau.

Kalijodo merupakan kawasan yang berada di perbatasan Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Kalijodo selama ini identik dengan bisnis ilegal, mulai pelacuran sampai penjualan minuman keras.



3. Kampung Akuarium, Jakarta Utara

Pada 11 April 2016 Kampung Akuarium digusur oleh Ahok. Wilayah penggusuran rencananya akan dibangun Museum Bahari dan Masjid Luar Batang. Namun, pembangunan tidak pernah terwujud lantaran wilayah Kampung Akuarium masuk cagar budaya.

Selama bertahun-tahun, warga kembali ke lokasi penggusuran. Mereka meninggalkan Rusun Rawa Bebek yang diberikan Pemprov DKI. Mereka membangun rumah semi permanen dan menggelar tenda-tenda di atas puing-puing rumah mereka. Hingga pada 18 Agustus 2021, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya meresmikan Rumah Susun Kampung Akuarium.



4. Kampung Pulo, Jakarta Timur

Sejalan dengan normalisasi Kali Ciliwung, wilayah Kampung Pulo, Kampung Melayu, juga turut menjadi target penggusuran. Upaya tersebut beberapa kali ditentang warga.

Mereka menolak direlokasi ke Rusun Jatinegara, bahkan memicu bentrokan dengan Satpol PP. Namun, pada akhirnya ratusan rumah di pinggir Kali Ciliwung tetap digusur pada Februari 2015 dan sekarang hanya menyisakan lahan yang rata dengan tanah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More