Anies Tegaskan Pembangunan dan Pertumbuhan Tak Boleh Abaikan Aspek Lingkungan, Sosial, dan Budaya

Selasa, 22 Februari 2022 - 09:13 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan nama jalan, bundaran, jembatan dan akses gratis di Pantai Kita dan Pantai Maju, Pantai Indah Kapuk ( PIK ), Penjaringan, Jakarta Utara kemarin. Adapun peresmian tersebut dilaksanakan di Jalasena (Jalur Jalan Sehat dan Sepeda Santai) yang merupakan ruang ketiga dengan jalur sepeda yang mengelilingi Pantai Maju.

Anies menegaskan, Pemprov DKI tetap berkomitmen dalam menghadirkan Ruang Ketiga Publik yang nyaman bagi warganya untuk beraktivitas maupun berinteraksi di Kawasan Pantai Kita dan Pantai Maju. Dengan kata lain, pembangunan dan pertumbuhan ekonomi tak boleh abai terhadap aspek lingkungan, sosial, dan budaya.

"Pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan ini tidak boleh abai terhadap aspek lingkungan, sosial, dan budaya. Ruang publik yang telah ada baik berupa taman, pantai, maupun area untuk pejalan kaki dan pesepeda santai (Jalasena) di pinggir pantai harus dipastikan benar-benar bisa diakses oleh publik," kata Anies dalam keterangannya dikutip, Selasa (22/2/2022).

Anies juga menyampaikan, kegiatan peresmian tersebut sebagai penanda semangat kolaborasi telah diupayakan di Jakarta dalam setiap pekerjaan pemerintah untuk masyarakat. Oleh karena itu, penetapan penamaan jalan umum dengan melibatkan masyarakat, telah memantik antusiasme tersendiri dari warga, karena merasa dilibatkan.

"Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam melakukan proses penamaan ini. Kita berharap dengan adanya penemuan baru ini, dengan adanya keterbukaan, maka seluruh masyarakat nantinya bisa menikmati kawasan sekitar pantai, ruang-ruang publik yang bisa digunakan untuk pejalan kaki, ataupun bersepeda dan kegiatan-kegiatan lainnya," ucapnya.



Sebagai informasi, Pemprov DKI melalui Jakarta Experience Board (JxB) dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) melakukan sayembara penamaan jalan, bundaran, taman, dan jembatan diikuti oleh 182 peserta dari seluruh Indonesia dalam sayembara 'Kita Kasih Nama'. Dengan demikian, masyarakat terlibat dalam penentuan nama tengara (landmark) penting di Pantai Kita dan Pantai Maju.

Seleksi melibatkan juri yang kompeten di bidangnya masing-masing dan menghasilkan Sayembara Terbaik 1 yang memberikan nama tengara berasal dari nama tanaman bakau dan unsur perahu. Hal ini sesuai dengan semangat konservasi lingkungan dan kemaritiman DKI Jakarta untuk Pantai Kita dan Pantai Maju.

Usulan nama dari para peserta sayembara kemudian dievaluasi dengan beberapa indikator seperti filosofi, konsep, tema, kesesuaian dengan Panduan Rancang Kota, integrasi sejarah.

Kemudian pada 1 Oktober 2021, Pemenang sayembara 'Kita Kasih Nama' untuk Peserta Terbaik 1 yaitu Tim Glibly yang beranggotakan 5 anak muda kreatif yang bernama Rima Syafia, Annisa Nadhirah Ar, Hana Syabila Fazri, Aprilia Hapsari Putri, dan Yosephine Astari.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More