8 Kawasan Kumuh di Jakarta yang Disulap Rapi dan Indah, Nomor 7 Paling Fenomenal

Kamis, 18 November 2021 - 06:43 WIB
Kolong Rel Kereta Api (KA) Sawah Besar, Jakarta Pusat, dulunya dijadikan tempat penimbunan barang bekas. Tumpukan barang-barang bekas banyak ditemukan hampir di sepanjang kolong rel kereta api. Selain itu, banyak warga berjualan makanan dan minuman. Keberadaan gerobak-gerobak sampah yang terparkir di bahu jalan kolong rel KA mengakibatkan arus lalu lintas kerap tersendat. Keberadaan bangunan liar menambah kesan kumuh di kawasan itu.

Kini, Kolong KA Sawah Besar telah disulap menjadi ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) yang unik. RPTRA tersebut dilengkapi berbagai fasilitas permainan anak. Tersedia juga sanggar seni tari-tarian. Tiang-tiang penyangga jembatan rel KA juga dipercantik dengan seni mural yang indah.

5. Taman Piknik Kalimalang



Taman Piknik dulunya hanya lahan kosong di Kalimalang, Jakarta Timur. Lahan ini dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga sehingga kotor dan tidak sehat. Kini lahan kosong itu telah berubah menjadi sebuah taman yang cantik.

Tidak hanya menikmati taman, di Taman Piknik juga tersedia banyak fasilitas yang ramah anak maupun dewasa. Taman Piknik juga dilengkapi dengan kolam retensi dan bioswale (penyaring polutan) sebagai tempat pengendalian air.

Taman Piknik berlokasi di Jalan Manunggal II, Cipinang Melayu, Makasar, Kota Jakarta Timur. Taman ini bisa menjadi alternatif bermain bersama keluarga.

6. Kolong Tol Becakayu



Kolong Tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, dulunya merupakan lahan kosong. Kini telah disulap menjadi taman bersepeda atau ruang terbuka hijau (RTH) yang diberi nama Pilar Jati Bike Park. Uniknya, Pilar Jati Bike Park menggunakan media tanah. Pilar Jati Bike Park satu-satunya taman bersepeda di tengah kota menggunakan media tanah (dirt) sebagai track.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More