4 Pasar Paling Bersih di Jakarta dan Tangsel, Nomor 2 Raih Adipura 2019

Minggu, 17 Oktober 2021 - 14:17 WIB
Pasar Pondok Indah, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Foto: YouTube YatnovzSky
JAKARTA - Empat pasar paling bersih di Jakarta dan Tangerang Selatan (Tangsel). Keempatnya yakni Pasar Kramat Jati, Pasar Pondok Indah, Pasar Modern BSD City, dan Pasar Modern Bintaro.

Pasar tersebut mengutamakan kebersihan dan kenyamanan pengunjung. Beberapa di antaranya bahkan dianugerahi penghargaan oleh pemerintah daerah setempat. Berikut 4 pasar paling bersih di Jakarta dan Tangsel dihimpun Litbang MPI dari berbagai sumber, Minggu (17/10/2021).

Baca juga: Pasar Kuliner Ekstrem di Asia, Ada yang Jual Buaya Goreng Krispi

1. Pasar Kramat Jati

Pada 2018 lalu dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengunjungi sejumlah pasar yang masuk daftar pasar tradisional bersih. Salah satunya Pasar Kramat Jati. Pasar dengan total tiga lantai ini memiliki tata letak yang rapi dan teratur serta kondisi yang cukup bersih. Pembagian lapak penjual juga diatur dengan seksama agar pengunjung merasa nyaman.





Lantai satu merupakan bagian tekstil di mana pengunjung dapat membeli aneka pakaian hingga perlengkapan sekolah. Lantai dua terbagi menjadi beberapa bagian di antaranya bagian logam mulia, penjahit, dan obat-obatan yang berada di bagian depan serta penjahit.

Di bagian belakang, terdapat pasar basah yang berisi pedagang sembako, sayur, hingga daging. Penempatannya diperhatikan agar terlihat rapi. Bagian pengelola pasar dan musala terletak pada bagian paling atas bangunan ini. Pihak pengelola telah menempatkan banyak tempat sampah di setiap lantainya sehingga pengunjung tidak merasa risih dengan sampah yang berserakan di lantai.

2. Pasar Pondok Indah
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More