Musim Pancaroba, BPBD DKI Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Jum'at, 24 September 2021 - 10:44 WIB
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi musim pancaroba . Perlu diwaspadai perubahan cuaca yang tiba-tiba, seperti hujan disertai angin kencang.

“Perubahan cuaca tiba-tiba, hujan intensitas lebat, hujan disertai petir dan angin kencang, hujan es, pohon tumbang dan bencana hidrometrologi,” tulis BPBD DKI dalam akun Instagramnya @bpbddkijakarta, dikutip Jumat (24/9/2021).



BPBD DKI menyebutkan bahwa Indonesia telah memasuki musim pancaroba. Terdapat fenomena gelombang atmosfer yang teridentifikasi aktif dan menjadi tanda Indonesia telah memasuki masa peralihan, antara lain MJO madden jullian oscillation, gelombang rossby ekuaturial, dan gelombang kelvin.

Untuk itu, BPBD mengimbau masyarakat agar melakukan tindakan antisipatif dan preventif menghadapi pancaroba ini. Hal-hal yang perlu dilakukan antara lain menjaga Imunitas dan daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, mengecek dan memastikan fungsi saluran air atau drainase di lingkungan rumah atau sekitar berjalan baik.



Kemudian, meningkatkan kewaspadaan kemungkinan terjadinya banjir bandang dan tanah longsor, serta melakukan pengecekan terhadap arus kelistrikan dan atap bangunan rumah atau gedung.

"Waspada terhadap gelombang tinggi di kawasan perairan laut bagi masyarakat Kepulauan Seribu dan warga yang ke laut,” ujarnya.

BMKG sebelumnya sudah mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mewaspadai cuaca ekstrem berpotensi besar terjadi selama musim peralihan.



“Jangan panik dan tetap tenang. Apabila mengalami atau menemukan keadaan darurat hubungi Jakarta Siaga 112 atau aplikasi Jakarta Aman untuk pelayanan gawat darurat,” tutupnya.
(thm)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More