Pembuatan Beton Pembatas Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin Belum Rampung

Sabtu, 27 Maret 2021 - 16:46 WIB
Pemprov DKI Jakarta sedang mengembangkan jalur sepeda permanen sepanjang 578,8 kilometer (km) di seluruh DKI Jakarta. Foto/MNC Portal/Ratu Syra Quirinno
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang mengembangkan jalur sepeda permanen sepanjang 578,8 kilometer (km) di seluruh DKI Jakarta. Tahap awal di Jalan Sudirman-Thamrin sepanjang 11,2 km direncanakan selesai akhir Maret 2021.

Sesuai rencana, akhir Maret 2021 pengerjaan jalur sepeda di Jalan Sudirman Thamrin dapat diselesaikan. Hanya tinggal sisa waktu 5 hari lagi, pekerjaan ini diharapkan dapat rampung. (Baca juga; Ogah Gunakan Jalur Sepeda, Sekelompok Pesepeda Kuasai Jalur Bermesin di Sudirman )

Pantauan pada Sabtu, (27/3/2021), pembatas beton yang terpasang kurang dari 20% dari rencana 11,2 Km. Belum sepenuhnya pembatas beton dibuat disepanjang jalur sepeda, namun sudah seluruhnya telah ditandai dengan cat hijau. Terlihat beton-beton pembatas, seperti terdapat di FX Mall dan Gelora Bung Karno.

Belum ada keterangan resmi mengenai progres pembangunan pembatas beton dari Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo. Ketika dihubungi melalui telepon, Sabtu (27/3/2021), belum direspons. (Baca juga; Komunitas Pekerja Sepeda Tagih Janji Pemprov DKI soal Jalur Sepeda Terproteksi )

Jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin memiliki tema Sabuk Nusantara, dengan bentuk rantai pada planter box yang melambangkan sila ke-2 (Pancasila), menandakan hubungan manusia satu sama lain yang saling membantu dan juga bentuk kolaborasi.



Pembangunan jalur sepeda permanen tersebut bertujuan agar memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pesepeda. Pembangunan ini juga untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota yang humanis, lestari, dan ramah lingkungan.

Adapun beberapa tanggapan dari para pesepeda yang sempat kami minta tanggapannya, ada yang setuju dan mendukung pembuatan jalur sepeda ini. “Lebih terbatas dan sempit. Cuman lebih aman,” kata Meli, pengendara sepeda.

Pengendara sepeda lainnya, Maya, juga mendukung dibuatnya jalur sepeda permanen. ”Saya dukung, akan lebih aman dan nyaman. Semoga pembangunan ini terus berkelanjutan dan cepat rampung,” katanya.
(wib)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More